Universitas Baiturrahmah Wisuda 269 Orang Sarjana

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) kembali melahirkan 269 0rang wisudawn/wati lulusan sarjana dan diploma yang mandiri ke LXXI . Acara Wisuda di gelar senin, 9 september 2019 di Auditorium Universitas baiturrahmah air pacah padang sumatera barat. 

Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan yayasan, dosen-dosen baiturrahmah, orang tua mahasiswa, dan para undangan lainnya.

Universitas Baiturrahmah  Padang Sumatera Barat  ( Unbrah Sumbar) telah meluluskan 269 orang sarjana dan diploma pada wisuda ke LXXI, 

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, Ms. menyatakan memasuki usia yang ke 25 tahun, April 2019 lalu Universitas Baiturrahmah telah meluluskan sebanyak 11.887 lulusan dengan delapan orang lulusan predikat terpuji.

Dan sekarang Universitas Baiturrahmah resmi memiliki 4 Program Studi (Prodi) dan 1 Fakultas baru. Keempat Prodi tersebut yaitu D-IV Keperawatan Anestesiologi (Fakultas Vokasi), S1 Farmasi Klinis (Fakultas Kedokteran), S1 Administrasi Rumah Sakit (Fakultas Kesehatan Masyarakat), dan S1 Kewibawaan (Fakultas Ekonomi) dan Fakultas Vokasi,” ucapnya.

Sejak  menjadi  Universitas Baiturrahmah pada tanggal 16 Juli 1994,  Unbrah telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu kampus ternama di Padang  Sumbar. Sehingga sampai saat ini terus berupaya untuk berkontribusi melahirkan lulusan yang berkompeten dan berkualitas,” ujar Musliar Kasim.

Menurut  sejarah lahirnya Universitas Baiturrahmah  dari tiga Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi (STKG), dan Sekolah Tinggi Kedokteran Umum (STKU), Untuk akreditasi Kampus, Universitas Baiturrahmah alhamdulillah telah menjadi Akreditasi B. Ungkapnya.

Musliar Kasim juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendidikan tersebut, di sisi lain Fakultas Vokasi berdiri pada tahun 2019 dengan Prodi yaitu Radiologi, Kebidanan, dan Keperawatan Anestesiologi.
Keempat Prodi tersebut telah menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 ini, baik pada jalur undangan, tes tulis, dan kemampuan bakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, momen 25 tahun Universitas Baiturrahmah ini menjadi, gerbang untuk mewujudkan visi dan misi Unbrah. Selain itu juga sebagai apresiasi kepada Yayasan, Civitas Akademika, Tenaga Kependidikan hingga seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung dan memberi kelancaran perkembangan Kampus Universitas Baiturrahmah.

Dalam kesempatan itu, Musliar Kasim juga mengingatkan kepada wisudawan dan wisudawati yang lulus, agar tidak hanya mengandalkan menjadi PNS saja, karena formasi PNS sangat terbatas, Unbrah menciptakan prodi yang mandiri seperti sarjana kedokteran umum, kedokteran gigi,  dan kebidanan, ketiga prodi tersebut  bisa membuka praktek /usaha sendiri.

Untuk kemajuan kedepan, Unbrah Sumbar juga telah membuka Prodi-prodi Favorite seperti Prodi  Keperawatan Anestesi program D IV, Prodi Farmasi program S1,  Prodi Anestesi Rumah sakit dan prodi Kewirausahan  diharapkan  Prodi ini bisa mendapatkan peminatnya.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman yang diwakili oleh anaknya mengatakan, pada saat diresmikan pada tanggal 10 Agustus 1994, Kampus yang didirikan oleh Ayahnya Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman tersebut memiliki 4 Fakultas dan 2 jurusan.

Keempat Fakultas pada saat itu adalah,Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sementara untuk dua jurusan yaitu Jurusan Kebidanan dan Jurusan Teknik Radiodiagnostik serta Radiografi. (Ay)

Post a Comment

0 Comments