Mahyeldi: Pengembangan Ekonomi Syariah Mulai Dari Edukasi Hingga Perbankan dan Koperasi

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendorong pengembangan ekonomi syariah di Kota Padang. Bahkan, walikota yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat ini menggagas tabungan syariah bagi anak-anak usia dini, SD dan SMP.

“Kami mendorong pengembangan ekonomi syariah dan perubahan bank konvesional ke syariah serta memberikan edukasi sejak dini tentang ekonomi non riba. Nantinya anak usia dini, SD dan SMP mulai menabung dengan sistem syariah,” kata Mahyeldi Ansharullah saat pertemuan dengan Pimpinan Cabang BRI Syariah Padang di kediaman pagi ini, Jumat (16/08/2019).

Salah satunya Bank Nagari, kata Mahyeldi, Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat itu diharapkan segera menerapkan murni syariah. Sinyal untuk perubahan itu harus datang dari gubernur dan kepala daerah lainnya selaku kuasa pemegang saham.

“”Diharapkan Bank Nagari segera menjadi bank yang murni syariah, kita sampaikan itu melalui Rapat Umum Pemegang Saham,” ujar Mahyeldi yang didampingi Sekretaris MES Sumbar Mulyadi Muslim.

Sejalan dengan itu, Mahyeldi mengulas, edukasi ekonomi syariah sejak dini perlu ditanamkan agar generasi muda tidak asing dengan kata syariah. Pasalnya, ekonomi syariah bukanlah suatu yang baru, karena sistem ini sudah ada sejak Rasulullah. Hanya, penerapannya masih belum “kaffah” dalam sistem ekonomi dan perbankan yang ada saat ini.

“Untuk itu, ekonomi syariah harus terus kita tanamkan agar generasi nanti tidak asing dengan sistem ekonomi yang diajarkan Rasulullah ini,” sebutnya.

Selain itu, masjid-masjid sebagai pusat ekonomi ummat akan menggerakkan koperasi berbasis syariah. Pengelolaannya dioptimalkan, bersinergi dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada.

“Hal ini yang akan terus kita bumikan untuk percepatan pengembangan ekonomi syariah di Kota Padang, Sumatera Barat dan lebih luas bersinergi dengan bank-bank syariah nasional,” tukuknya.

Pada kesempatan itu, Pimpinan BRI Syariah Cabang Padang, Rezki Alamsyah merasakan support yang luar biasa dari Walikota Padang terhadap ekonomi syariah.

“Alhamdulillah, support yang luar biasa dari Walikota Padang. Dari arahan beliau, kami dari perbankan syariah bisa melihat peluang – peluang yang bisa digarap,” kata Rezki.

Dia sangat mengapresiasi, Walikota Padang memberikan kesempatan BRI Syariah yang satu-satunya penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah untuk bekerjasama dengan UMKM dan koperasi di Kota Padang.

“Kesempatan ini akan kami manfaatkan untuk berkontribusi lebih luas terhadap pengembangan syariah, baik di Kota Padang maupun naaional,” tukasnya. (ydt)