Ketua Kwarcab 0314 Payakumbuh Bangga Berbagai Aksi Digelar Gudep Peringati Hari Pramuka Ke 58

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Tanggal 14 Agustus 2019 adalah dimana Negara Indonesia memperingati hari lahirnya Praja Muda Karana (Pramuka) untuk yang ke 58 tahun di tahun ini. Pramuka Indonesia sudah berusia 58 tahun. Tepatnya tanggal 14 Agustus 2019 besok, Praja Muda Karana (Pramuka) Indonesia akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke 58.

Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada tanggal 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Pada tanggal tersebut terjadi pula peristiwa pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara.

Gerakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Di Payakumbuh, kegiatan Pramuka menjadi Program eskul wajib bagi siswa, khususnya siswa kelas VII dan Kelas X, setelah sebelumnya telah dikenalkan di Tingkat SD sederajat.

Sementara itu di Gugus Depan (Gudep) 02.017-02.018 Pangkalan MTsN 2 Payakumbuh, Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah menggelar upacara bendera bendera peringatan hari Pramuka dengan melibatkan semua siswa, tenaga pendidik dan kependidikan. Berhubung Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri sedang mendampingi 2 orang siswi yang akan berlaga di KSM Tin gkat Provinsi Sumatera Barat, maka Inspektur Upacara dipegang Alizar yang juga pembina gudep.

Peringatan hari Pramuka Ke 58 Tahun 2019 bertema “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, Pembina Upacara Alizar membacakan sambutan dari Ketua Kwarnas Budi Waseso tertanggal 14 Agustus 2019.
"Pelaksanaan HUT Pramuka ke 58 tahun 2019 biasanya dilengkapi dengan kegiatan upacara. Upacara menyambut HUT Pramuka ke 58 tahun 2019 ini bertujuan untuk mengenang sejarah kepanduan Indonesia dan juga mempererat persatuan dan persaudaraan antar anggota Pramuka. Kata “Pramuka” adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.

“Pramuka” merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
Kelompok anggota yang lain, yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan dimaknai sebagai proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis. Pendidikan kepramukaan merupakan nama dari kegiatan anggota Gerakan Pramuka.

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pendidikan yang melengkapi pendidikan di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan menerapkan prinsip dasar Kepramukaan dan metode pendidikan Kepramukaan.

Kegiatan Pendidikan Kepramukaandilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, aklak dan budi pekerti luhur. Demikian kutipan yang sempat kita simak.

Peringatan hari Pramuka di MTsN 2 Payakumbuh ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta dirangkai dengan pengucapan UUD 1945 dan Dasa Dharma Pramuka dari anggota Pramuka Penggalang. 

Ketua Kwarcab 0314 Payakumbuh, Amriul Dt. Karayiang merasa bangga dengan ceremonial yang dilaksanakan Gudep 02.017-02.018 Pangkalan MTsN 2 Payakumbuh. 

"Peringatan Hari Pramuka tentunya akan terus memacu semangat pandu dalam menjalankan Dasa Dharma Pramuka yang kelak akan menjadi jati diri luhur. Melalui Pramuka kita ciptakan generasi berakhlak mulia yang mencintai organisasi dalam rangka membangun keutuhan NKRI. Karena Pramuka itu mempunyai rasa dan semangat satu di tengah perbedaan. Majulah Pramuka Indonesia, Satyaku kudarmakan, Dharmaku kubhaktikan. Demikian, Salam Pramuka,"Apresiasi singkat Amriul Dt. Karayiang.

Dari pantauan di lapangan terlihat upacara peringatan Hari Pramuka di Kota Payakumbuh tampak dilaksanakan di SDN 23 Payakumbuh, SMKN 2 Payakumbuh,  SMPN 6 Payakumbuh, SDN 16 Payakumbuh, MTsN 1 Payakumbuh dan SD Pius.

Beda dengan SMP IT Madani Payakumbuh, peringatan Hari Pramuka dengan menggelar bhakti lingkungan dengan memungut sampah plastik yang mereka temui.(ul)