40 Kepala TK se Kota Payakumbuh ikuti Pelatihan Kompetensi

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kegiatan Pemberdayaan Tenaga Pendidik Taman Kanak - Kanak (TK) dalam rangka meningkatkan kemampuan manajerial kepala sekolah perlu terus  ditingkatkan sesuai kebutuhan dan tantangan tugas dan fungsi sebagai top manager di masing - masing sekolah. 

Begitu juga kepala TK di Kota Payakumbuh selalu haus terhadap berbagai kegiatan pelatihan, bimbingan teknis maupun workshop. Sebanyak 40 orang kepala sekolah TK se Kota Payakumbuh yang 100 % wanita ini selama 4 hari mulai tanggal 5 - 8 Agustus 20l9 mengikuti berbagai materi yang disajikan dengan antusias di aula Sekolah Non Formal - Sanggar Kegiatan Belajar (SNF - SKB) Padang Alai Payakumbuh. 

Yulnizur, S.Pd salah seorang kepala TK senior di Kota Payakumbuh mengungkapkan bahwa "Kami sangat senang dan bersyukur dapat kesempatan dalam workshop ini apalagi materinya sangat menarik seperti tata kelola Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dengan nara sumber Tim Badan Keuangan Daerah" ulasnya . 

Lebih lanjut Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)  Femiria, S.Pd menambahkan  bahwa "Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs. AH. Agustion menyajikan Kebijakan Pendidikan Kota Payakumbuh, Badan Keuangan Daerah dengan materi Pengelolaan Keuangan Sekolah, Administrasi Kepegawaian yang disajikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan H. Dasril, S.Pd, M.Pd. 

Selanjutnya materi Pengenalan Potensi Diri disajikan oleh Doni Aizus Idris, S.Pd yang merupakan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018, Penyusunan Best Practice disajikan oleh Desfiwati, S.Pd, M.Si  Kepala Sekolah Berprestasi SMP Tingkat Sumatera Barat Tahun 2018 dan Manajemen Sekolah oleh guru senior Misrayeti, S.Pd yang juga pernah meraih Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional beberapa tahun yang lalu.

Selain untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta dalam mengikuti berbagai kompetisi antara lain seleksi Kepala TK Berprestasi untuk tahun mendatang agar nama Kota Payakumbuh terus terdengar gaungnya di Tingkat Provinsi dan Nasional seperti Jenjang SD dan SMP beberapa tahun terakhir.

Kegiatan ini akan ditutup nantinya dengan Study Visit (kunjungan belajar) ke salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Padang yaitu PAUD Citra Al Madina yang beralamat di Purus. Dalam kunjungan ini peserta dapat melihat secara langsung proses pembelajaran serta bertukar informasi mengenai pembelajaran dan pengelolaan sekolah dalam berbagai hal. (rel/ul)