JCH Kota Payakumbuh Berangkat Tanggal 19 Juli 2019. Berikut Keteranganya

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, ---- Sebanyak 244 jemaah calon haji (JCH) Kota Payakumbuh yang tergabung dalam gelombang satu dengan kelompok terbang nomor 15 Embarkasi Haji Padang akan meninggalkan Kota Payakumbuh pada Jumat tanggal 19 Juli 2019, siang. Sebelumnya JCH Kota Payakumbuh akan dilepas secara resmi oleh Walikota Payakumbuh tanggal 15 Juli 2019.

Sebanyak 244 JCH tersebut dibawah komando TPHD Chandra, SHI akan menunaikan rukun islam kelima yakni menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah di tahun haji 2019.

Informasi tersebut disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri saat dihubungi awak media di selulernya, Senin (08/07/2019) siang.

"Menurut jadwal, JCH kota Payakumbuh akan dilepas resmi oleh Walikota Payakumbuh tanggal 15 Juli 2019 di Aula Ngalau Indah Gedung Balai Kota Lapangan Poliko,"terangnya.

Dikatakan Ul Fakhri, jemaah haji Kota Payakumbuh yang tergabung pada kloter 15 ini akan disambut oleh PPIH Embarkasi Padang tanggal 19 Juli 2019, malam. Diperkirakan JCH Kota Payakumbuh akan bertolak meninggalkan Payakumbuh pada Jumat siang. Semoga voreigder baik - baik saja. Dengan kata lain, cukup satu voreigder Polres Payakumbuh yang memimpin rombongan ke Padang sehingga kita bisa masuk embarkasi tepat waktu.

Kita berkumpul di Lapangan Kubu Gadang jelang shalat Jumat. Kemungkinan kita berangkat usai shalat Jumat. Kita sengaja pilih Lapangan Kubu Gadang disamping luas lokasinya parkirnya, lokasi ini sangat representatif. Pemko Payakumbuh sudah siapkan Bus NPM Vircansa untuk kenyamanan JCH disamping fasilitas lainnya.

"Walau demikian, tentunya kita akan bawa dalam rapat lintas OPD terkait yang insyaallah akan digelar besok Selasa (09/07/2019) di Aula Rendang. Rapat akan dipimpin langsung Walikota selaku Koordinator Haji di daerah dan akan dihadiri semua lini terkait haji,"pungkas Ul Fakhri.

Terpisah, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H. Jufrimal saat dihubungi media di ruang kerjanya membenarkan bahwa dirinya akan menghadiri rapat lintas sektoral terkait pemberangkatan JCH.

"Terkait kesiapan OPD terkait akan kita bahas besok dalam rapat lintas sektoral panitia penyelenggaraan haji daerah Kota Payakumbuh. Masing - masing OPD nantinya menjalankan peran sesuai tupoksinya,"sebut Jufrimal.

"Alhamdulillah, JCH kita berjumlah 244 orang dalam keadaan sehat wal afiat dan sudah menjalani tahapan manasik, baik melalui Kemenag maupun pembinaan kesehatan dari Dinkes Pemko Payakumbuh. Manasik terakhir terakhir akan kita laksanakan praktek haji,"imbuhnya.

Terkait keberadaan jemaah, Jufrimal membeberkan bahwa dari total 244 orang JCH tersebut sudah termasuk kuota tambahan sebanyak 7 orang," jelasnya.

Terkait daftar tunggu CJH di Kota Payakumbuh, secara teknis Jufrimal menyebut masih ada untuk 18 tahun ke depan. Jufrimal juga menambahkan, dalam memberangkatkan CJH ada kebijakan khusus untuk CJH yang usianya 75 tahun ke atas bisa berangkat dua tahun setelah melakukan pendaftaran.

"Apabila tahun ini CJH yang usia 75 tahun mendaftar, maka dia bisa berangkat pada 2022. Artinya, bisa berangkat pada tahun ketiga setelah pendaftaran," jelas Jufrimal.(ul)