BEBERAPA FAKTA TENTANG ARIF BILLAH SYAIKH BALUBUIH/ BELUBUS

Oleh : Apria Puta
IMPIANNEWS.COM
Seperti biasa, sebelum mudik ke kampung halaman, saya akan berhari raya ke rumah guru-guru saya. Selain memenuhi adab, ini adalah ikhtiar saya dalam memperkenalkan si-kecil dengan hal-hal yang berkaitan erat dengan ayahnya itu. Singkat kata, mempertebal rasa agama pada si-kecil. Siang ini, dapatlah saya berlebaran ke Belubus, tempat saya “mengkhatam” Silek Oyah Balubuih. Saya bawa anak saya ke rumah gadang Syaikh Mudo Abdul Qadim Belubus atau Syaikh Balubuih (lahir 1875, wafat 1957) tersebut (foto lihat dibawah). Meskipun sudah memakai bahan batu, rumah ini telah berdiri sejak 1922. Rumah ini ialah hasil “tangan” Syaikh Balubuih sendiri. Saya-pun sempat memasuki rumah ini bersama guru.

Mengingat kesan selama di Belubus siang tadi, saya terdorong untuk menulis hal-hal yang berkaitan dengan Syaikh Balubuih, sosok sentral ulama sufi di Pedalaman Minangkabau setelah Syaikh Muhammad Sa’ad al-Khalidi Mungka itu. Beberapa fakta tentang Syaikh Balubuih yang patut menjadi ingatan kita bersama ialah:

(1) SOSOK YANG ‘ALIM DALAM SYARI’AT DAN HAKIKAT

Syaikh Balubuih adalah ‘alim dalam syari’at, yaitu menguasai beberapa kitab standar dalam fiqih, tauhid, dan tasawuf. Kecakapannya dalam ilmu alat, mencakup bahasa Arab, ushul fiqih, dan mantiq, melengkapi sosok beliau sebagai ulama yang mumpuni dalam ilmu agama. Ini dalam terlihat dari kitab-kitab karangannya, yang dirujuk dari belasan kitab-kitab populer di kalangan ulama. Penggunaan Ushul Fiqih dan Mantiq dalam menjawab berbagai masalah terekam jelas dari tiga jilid karyanya yang berjudul Tsabitul Qulub. Selain itu, beliau, tentunya menonjol dalam hakikat. Surau Belubus yang berdiri sejak seabad silam itu menjadi bukti bakti beliau mendidik rohani para salik dari berbagai daerah, bahkan mancanegara.

(2) MURSYID DALAM BERBAGAI THARIQAT

Syaikh Mudo Abdul Qadim merupakan syaikh Mursyid dalam berbagai thariqat, di antaranya Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, Thariqat Sammaniyah Khalwatiyah, Thariqat Ahmad Badawi, Thariqat Qulhu, dan lain-lain. Beliau lebih dikenal dalam dua thariqat, yaitu Naqsyabandiyah dan Sammaniyah. Ijazah irsyad pertama yang beliau terima ialah Naqsyabandiyah Khalidiyah, setelah itu baru “mengambil” Sammaniyah dan memperoleh ijazah irsyad dalam thariqat ini. Perlu diketahui, beliau tidak menggabungkan dua thariqat ini, sebagaimana tulisan-tulisan yang beredar. Sammaniyah tetap satu amalan, dan Naqsyabandiyah juga satu amalan. Tapi beliau mengkompromikan dua thariqat ini dalam mendidik murid (bukan mengkompromikan amalan seperti Qadiriyah wa-Naqsyabandiyah), yaitu murid-murid pertama kali diajarkan Sammaniyah. Setelah amalnya tetap, kemudian, sang murid diajarkan amalan Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah yaitu khalwat/suluk 40 hari lamanya. Begitu yang saya terima dari guru-guru, yang saya alami sendiri, dan yang saya tanyai kepada mursyid yang bertemu dengan Syaikh Mudo Abdul Qadim.

(3) TELAH DIGELARI SYAIKH SEJAK KECIL

Menurut penuturan cucu beliau, Syaikh Balubuih telah memperoleh ijazah irsyad dalam Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah pada usia yang masih belia, yaitu 12 tahun. Ijazah itu diberikan oleh Maulana Syaikh Abdurrahman al-Khalidi Batuhampar (kakek Bung Hatta). Syaikh Abdurrahman sendiri ialah khalifah dari Maulana Syaikh Isma’il al-Khalidi Simabur yang menetap di Jabal Abi Qubaisy, Mekkah.

Gelar "Syaikh Mudo" yang tercantum pada nama beliau itu tidak lain ialah amanah dari Syaikh Abdurrahman Batuhampar ini.

(4) GIGIH MENUNTUT ILMU

Sejak kecil beliau tekun menuntut ilmu agama. Mulai belajar kitab-kitab matan di Batutanyuah, dilanjutkan dengan berkelana dari satu daerah ke daerah lain. Bukan hanya tokoh-tokoh yang masyhur, bahkan beliau belajar kepada sosok yang tidak terlalu dikenal. Begitulah semangat menuntut ilmu yang ada pada pribadi beliau.

Beliau juga sampai menuntut ilmu ke Mekkah. Di Mekkah itulah beliau bertemu dengan sosok tidak dikenal yang menyarankan beliau datang ke Kumango.
Saking kuatnya semangat menuntut ilmu, sudah menjadi ulama terkemuka beliau masih belajar. Konon, pernah beliau datang ke Batubasurek (Kampar), meminta suluk kepada Syaikh Abdul Ghani Batubasurek (guru Syaikh Mudo Wali al-Khalidi Aceh). Syaikh Abdul Ghani "menolak", karena sudah menilai Syaikh Belubus sudah mumpuni, artinya tidak butuh suluk, namun tepatnya mengajarkan suluk.

(5) AHLI SILAT TRADISIONAL

Beliau menguasai beberapa silat, diantaranya Silat Kumango dan Silat Abdul Qadir Jailani. Di antara silat-silat itu, Silat Kumango, yang paling melekat pada nama beliau. Beliau adalah salah satu murid tertua dari Syaikh Abdurrahman Kumango dalam silat dan Thariqat Samman. Silat Kumango yang beliau ajarkan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Syaikh Kumango. Beliau sangat mewanti-wanti muridnya untuk tidak merubah silat ini, atau menambah variasi-variasinya. Begitu yang kita dengar dari sementara murid-murid beliau.

(6) AHLI PENGOBATAN TRADISIONAL

Beliau ahli dalam pengobatan tradisional Minangkabau, mulai dari ramuan herbal hingga do’a-do’a pengobatan yang sarat dengan agama. Beliau menulis kitab Thabib/ pengobatan setebal 300 halaman, ini menunjukkan kompetensi yang mumpuni dalam pengobatan.

(7) AHLI BANGUNAN TRADISIONAL MINANGKABAU

Beliau juga dikenal ahli dalam pembangunan rumah gadang beserta tradisi-tradisi dalam pembangunan rumah tersebut. Rumah gadang yang dibangun 1922 (foto) konon merupakan kerja tangan beliau. Ilmu rumah gadang ini kemudian diabadikan anaknya, Syaikh Haji Abdul Malik, dalam kitab kecil yang berjudul “al-Manaq”.

(8) AHLI ADAT MINANGKABAU

Beliau juga terbilang sebagai ahli adat Minangkabau. Buktinya sebuah goresan pena beliau yang berjudul “Kitab Tarombo”/ Kitab Tambo, menjelaskan pertalian adat Minangkabau dengan agama Islam.

(9) DIKENAL KERAMAT-BERTUAH

Banyak kisah yang menjadi buah bibir tentang karomah beliau. Ini merupakan hal yang lumrah pada ulama-ulama silam.

(10) PRODUKTIF MENULIS KITAB
Beliau begitu produktif menulis kitab, dan beliau usahakan mencetaknya. Sampai sekarang ditemui sembilan kitab karya beliau.

(11) SEORANG PUJANGGA

Beliau juga mempunyai kemampuan menulis nazham berbahasa Melayu-Minangkabau. Salah satu untaian nazham (puisi) beliau dilampirkan pada kitab Tarombo yang dicetak di masa kolonial.

(12) SOSOK YANG TEGUH BERDAKWAH

Pada awal abad 20 beliau membuka surau di kampung halamannya.  Disebabkan pergolakan pemikiran Kaum Muda-Kaum Tua, usaha beliau juga mendapat imbasnya. Pernah beliau didenda satu ekor kerbau karena dianggap menyebarkan ajaran bid’ah oleh mereka yang berpaham Kaum Muda. Denda itu beliau sanggupi. Mengetahui guru kena denda, murid-muridnya mengumpulkan sumbangan untuk membantu gurunya itu. Maka terkumpulnya uang yang dapat membeli 8 ekor kerbau. 8 ekor kerbau itu beliau bayarkan untuk denda satu kerbau tadi.
Perlu juga diketahui bahwa Syaikh Balubuih adalah sosok pendakwah yang terbilang pandai menyampaikan ceramah agama dalam bahasa Minang, dilengkapi pepatah petitih-nya.

(13) SOSOK YANG “BERADA”

Beliau ialah sosok sufi, tapi bukan sufi yang menolak hidup dunia. Beliau sudah mempunyai kuda bendi dengan seorang kusir. Halmana ini termasuk langka saat itu. Beliau juga mempunyai rumah gadang yang dibangun dengan batu bercampur kapur. Sedangkan rumah-rumah gadang saat itu dibangun dengan kayu. Kalau kita maknai, maka sikap zuhud yang menjadi pakaian sufi bagi beliau tidak mesti ditunjukkan dengan ketidak-adaan. Zuhud itu pekerjaan hati. Berada bukan berarti tidak zuhud, ketidak-adaan juga bukan petanda bahwa seorang itu adalah zahid.

(14) ULAMA PERTI (PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH)

Beliau tercatat sebagai salah seorang sesepuh ulama Perti. Kedudukannya sebagai penasehat pada bidang Thariqat Sufiyyah. Dapat kita lihat dalam susunan pengurus Perti  tahun 1930-an/ 1940-an.

Walhasil: Balubuih adalah salah satu "pusek jalo, kumpulan ikan" di Pedalaman Minangkabau.

Mungka, 2 Syawal 1440 H.