Putra Kabid PA Dinas P3AP2KB Lolos ke OSN Tingkat Nasional

Rafif Faras
IMPIANNEWS.COM Payakumbuh, --- Suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi keluarga besar Hermanto, Kabid Perlindungan Anak Dinas P3AP2KB Pemko Payakumbuh saat mendapatkan informasi lolosnya anak kandungnya Rafif Faras dari SMP Islam Raudhatul Jannah, dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019 di Yogyakarta.

"Ada tiga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Payakumbuh lolos OSN tahun 2019 sebagaimana Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Direktur Dikdasmen Kemendikbud RI, Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA, pada 3 Mei 2019. Salah seorang dari itu adalah anak kami, Rafif Faras,"sebut Hermanto yang sebelumnya Kasubbag Protokol di bagian Protokoler Setdako Payakumbuh, Ahad (12/05/2019) sore melalui selulernya.

Dikatakan Hermanto, selain Rafif untuk mapel MTK, dan ada rekannya Fauzan Azandra dari SMP IT Insan Cendekia Boarsing School (ICBS) Payakumbuh untuk bidang studi IPS, Ahmad Zaki dari SMP Islam Raudhatul Jannah (RJ) juga untuk bidang studi IPS. Ketiganya dinyatakan berhak mewakili Provinsi Sumbar dalam ajang OSN Tingkat Nasional yang akan diadakan pada 30 Juni sampai 6 Juli 2019 di Yogyakarta. 

"Mohon doanya, semoga ketiga utusan terbaik dari kota Payakumbuh mampu maksimal dan mengharumkan nama kota rendang di tingkat Nasional,"pungkas Hermanto.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs H. AH Agustion dalam apresiasi dan penuh syukur, ucapkan selamat atas prestasi ketiga siswa terbaik Payakumbuh ini.

 “Selamat untuk ketiga siswa kami. Kami turut bangga dan gembira. Semoga siswa kita ini bisa mengukir prestasi di tingkat nasional nanti, sehingga mengharumkan nama Kota Payakumbuh khususnya dan Provinsi Sumbar pada umumnya,” ungkapnya.

Agustion juga berharap kepada seluruh sekolah di Payakumbuh mulai dari SD SMP dan SLTA yang telah dikelola oleh provinsi untuk selalu dan berlomba memaju prestasi siswanya sehingga ke depan siswa siswa dari Payakumbuh bisa mendominasi untuk mewakili Sumbar ke ajang lomba lomba tingkat Nasional, harapnya.

Sementara itu Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh Ustaz Eddi Rusydi Arrasyidi turut gembira dan bangga atas prestasi siswanya.

“Alhamdulillah, selamat kepada Fauzan Azandra dan 2 rekannya. Semoga lebih termotivasi untuk belajar dan mampu mengukir prestasi di tingkat nasional nanti,” harapnya.

“Terakhir kami turut mengantarkan siswa dalam ajang OSN tingkat Sumbar di Padang 13 April lalu. Alhamdulillah salah satu dari tiga siswa kami yang ikut bisa lolos ke tingkat nasional,” ucapnya. 

Untuk diketahui, OSN merupakan kegiatan tahunan yang digelar Kemendikbud sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui sains. Ada tiga bidang studi yang dilombakan yakni Matematika, IPA, dan IPS dimana tiap bidang studi tersebut ada 136 orang peserta yang lolos ke tingkat nasional di seluruh Indonesia, katanya.(ul)