MC Penentu Sukses Sebuah Acara

Andi menjelaskan menjadi pembawa acara (MC) harus pandai berkomunikasi, berwawasan luas, mudah memahami suasana acara
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Peranan MC dalam sebuah  acara, sangat penting. Karena MC  yang ikut  mengatur dan memandu prosesi acara dengan baik. Dan sukses atau tidaknya acara yang digelar ditentukan oleh pembawa acaranya. Termasuk berkesan atau tidaknya acara bagi hadirin dan pengunjung juga peranan dari Mc.

Hal itu, disampaikan Andi Amir Mc Kota Padang melatih anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Padang Selatan tentang Master of Ceremony (MC) yang diselenggarakan  pengurus (DWP)  Padang selatan di aula kantor camat Padang Selatan,  Kamis (114).

Andi menjelaskan menjadi pembawa acara (MC) harus pandai berkomunikasi, berwawasan luas, mudah memahami suasana acara, menyapa tokoh-tokoh atau orang penting yang datang pada acara itu, sebut Andi Amir.

Makanya belajar menjadi seorang MC  tidak bisa instan, butuh proses, termasuk mental dihadapan pengeran suara (mic).  Setelah itu ada beberapa hal harus dimiliki calon MC, seperti keberanian, wawasan, memiliki jiwa kepemimpinan, berpenampilan menarik dan smart.

Lebih jauh Andi Amir dalam pelatihan MC tersebut memberikan pembelajaran teknis, seperti teknik berbicara, intonasi suara, bahasa tubuh dan penyusunan kosakata maupun kalimat dalam teks susunan acara. Sebaliknya  banyak pula hal sepele yang bisa mengganggu penampilan seseorang saat MC, misalnya susunan acara yang bertele2, sound system yang kurang bagus, pakaian yang kurang nyaman, kondisi yang kurang fit.

Andi Amir  membuka rahasia untuk menjadi MC modal dasar,  antara lain, memiliki suara standar (tidak cempreng/tidak memiliki logat kental kedaerahan), memiliki keberanian dan rasa percaya diri, berpenampilan menarik (baik fisik maupun busana yang digunakan disesuaikan dengan moment acara yang dibawakan), ujarnya.

MC yang baik  datang lebih awal, minimal 30 menit sebelum acara dimulai. Mengecek suara sound sistem, kehadiran dan kesiapan seluruh petugas yang akan bertugas dalam acara yang akan dibawakan.

Sementara itu, Ketua DWP Kecamatan Padang Selatan Weni Fuji Astomi mengatakan pelatihan MC bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam membawakan acara. Sehingga DWP Padang Selatan mempunyai anggota yang bisa jadi MC , kalau bisa sampai profesional. Harapan semoga pelatihan Mc yang diikuti para anggota bermanfaat dan menambah pengetahuan, keberanian, dan kepercayaan diri. (tf)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.