Perkembangan Intelektual Anak Pada Usia 4 Tahun


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pasa masa awal kehidupan anak merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupannya. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif). Anak usia dini merupakan masa keemasan (golden age), unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya.

Hal ini disampaikan Lurah Gunung Pangilun Andi Amir  dalam kesempatan pertemuan dengan Penilik PAUD beserta tenaga pengajar, yang tergabung dalam wadah HIMPAUDI Kecamatan Padang Utara di Kantor Lurah Gunung Pangilun (6/3). Jadi,  perkembangan pada tahun-tahun pertama  penting untuk  menentukan kualitas anak di masa mendatang. Perkembangan intelektual diperkirakan pada anak usia 4 tahun bisa mencapai 50%, dan pada usia 8 tahun mencapai 80%.Ketika ia mencapai usia sekitar 18 tahun, maka  perkembangan telah mencapai 100%.

Selain itu, Andi Amir juga menyampaikan, bahwa pendidikan Parenting mendapatkan perhatian bersama, hal ini  harus bisa diwujudkan dengan adanya PAUD Pusat Parenting yaitu  Paud Terpadu Hauriyah Halum dan membina 5 PAUD lainnya. Seperti diketahui bersama, bahwa di Gunung Pangiun   Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

Sebab,kata Andi Amir Parenting merupakan proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut,  memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika tumbuh berkembang.

Namun jika muncul persoalan terhadap  anak perlu  juga bersama mencari solusi bersama basama,  salah satunya adalah  membangun korelasi yang solid dan harmonis  antara lembaga pendidikan anak dengan orang tua dalam program Parenting. Hal ini merupakan bentuk perhatian yang baik terhadap anak pada usia dini. (aa).
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.