Pecinta Sepeda Gunung Exploring Kayukolek, Rute Sekelas Internasional

IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Tak salah jika rute di lereng gunung Sago kawasan Kayukolek, Jorong Sikabu-kabu, Nagari Sikabu-kabu Tanjuangharo Padang Panjang, Kecamatan Luak, Limapuluh Kota, dijuluki sorga pecinta sepeda. Betapa tidak, rute sepeda gunung yang menantang, udara sejuk bersama alam nan eksotis jadi satu paket suguhan Exploring Mountain Bike Kayukolek 2019, Minggu (24/2/2019) awal pekan ini. 

Muhammad Abduh Sutan Mudo yang merupakan aktifis sepeda gunung  West Sumatera Adventure Bike 1805 menyebutkan, Exsploring Kayukolek mountain bike ini merupakan ajang silaturahmi bagi para pecinta sepeda gunung. 

"Iven kali ini diikuti pecinta sepeda gunung dari sejumlah daerah di Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Bengkulu. Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan di ikuti sekitar seribuan pesepeda,"ucap Muhammad Abduh yang sekaligus panitia pelaksana iven sepeda gunung dengan peserta sejumlah provinsi di pulau Sumatera ini. 

Ditambahkan pria yang biasa disapa Abduh ini, tujuan iven kali ini, lebih pada ajang silaturrahim sekaligus memperkenalkan sarana bermain sepeda gunung dan destinasi keindahan alam kayu kolek pada pecinta sepeda. Kedepan lokasi ini akan dirancang sebagai bikepark dan Insha Allah di rute Kayukolek juga akan diadakan kejuaraan internasional induro Indonesia seri IV."Jika tidak ada aral melintang bulan Agustus 2019 ini,"jelas M. Abduh, Selasa (26/2/2019).

Selepas iven dan mengakhiri perbincangan dengan Padang Ekspres, M. Abduh mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari Bapak Walinagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padangpanjang, Maskar Musdar dan juga masyarakat nagari yang telah ikut berperan demi sukses nya acara ini.

Terpisah, Wali Nagari Sikabu-kabu Tanjuangharo Padang Panjang, Maskar M menyebutkan, Exploring Kayukolek Mountain Bike 2019 ini, menjadi salah satu penunjang agar pariwisata dan destinasi  keindahan alam di nagari ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. "Tidak hanya dari Sumbar , namun juga pecinta sepeda dari mancanegara juga," harap 
Walnag sangat antusias. 

Bahkan, sebut Maskar M, dirinya bersama masyarakat siap menjadikan Kayukolek ini sebagai Bikepark bagi para pecinta sepeda gunung. Bahkan dalam waktu dekat di Agustus mendatang Pemnag bersama anak nagari siap menyambut iven sepeda internasional.

"Kami akan siapkan mulai dari tenaga dan seluruh penunjang demi sukses nya acara sepeda internasional itu nantinya. Kita ucapkan terimakasih kepada komunitas sepeda West Sumatera Adventure Bike 1805 dan Pecinta Sepeda Gunung (PSG) Payakumbuh yang telah bersedia mempromosikan daerah kami ini. Semoga acara ini  jadi langkah awal untuk menjadikan Kayukolek sarana bermain sepeda gunung,"tukas Maskar . 

Ketua pelaksana Iven dari Komunitas PSG Payakumbuh, Dudi Hendra, terlihat sangat puas dengan iven yang sukses dihelat. Antusiasme peserta, keikutsertaan dan partisipasi masyarakat bersama Pemerintahan Nagari, sangat mendukung kelancaran  acara dari awal hingga berakhir disore harinya.  

"Terimakasih kepada seluruh sahabat-sahabat goweser atas keikutsertaan dalam iven kali ini. Semoga ini menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan kita sesama goweser.  Mohon maaf jika ada kekurangan dalam pelayanan. Namun kami yakin Kayukolek tetap menjadi rute idaman bagi kita semua pecinta Mountain Bike," tutup Dudi Hendra.(rel/ul)