HUT Kota Payakumbuh Ke 48, Pemko Payakumbuh Bertekad Berdiri di Kaki Sendiri

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Payakumbuh pagi ini Senin (17/12/2018) digelar dalam rangka HUT Kota Payakumbuh ke 48 tahun 2018.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno diwakili Asisten II Bidang Perekonomian Benni Warlis, Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Erwin Yunaz. Juga dihadiri Sekdako Amriul Dt. Karayiang bersama Pimpinan OPD

Istimewanya, HUT Kota Payakumbuh Ke 48 ini tampak dihadiri Perwakilan Negara Malaysia, Bupati se Sumbar, Ketua DPRD se Sumbar, Forkopimda Kota Payakumbuh, Ketua PKK Henny Yusnita Riza Falepi, Ketua GOW Machdalena Erwin Yunaz, Kepala Kankemenag Mustafa, Kepala BPS, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN / BUMD, Mantan Walikota, Fahmi Rasyad, Mantan Wakil Walikota, Suwandel Mukhtar, Mantan Wakil Ketua DPRD Asmadi Thaher, Anggota DPRD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kegiatan dilanjutkan dengan  mengheningkan cipta dan pemanjatan doa atas wafatnya Darlis Ilyas, Mantan Walikota Payakumbuh Periode 1998 - 2002, Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam sampaikan sambutannya.

"Peringatan dilaksanakan persis pada hari lahir Payakumbuh yakni tanggal 17 Desember. Menapaki usia ke 48, kota payakumbuh telah banyak menoreh prestasi dan riak dinamika pemerintahan. Rasa bangga dan terima kaaih kami ucapkan kepada segenap warga Payakumbuh yang telah mensukseskan kepemimpinanan Riza Falepi bersama Erwin Yunaz. Duo sejoli yang energik dan inovatif.

Usia 48 tahun, Kota Payakumbuh sudah menuju kemapanan dan berupaya gigih meningkatkan kesejahteraan merata, meskipun masih banyak kekurangan. Tentunya kekurangan itu akan kita perkecil melalui sinergitas," sebut YB Dt. Parmato Alam sambil bacakan prestasi nasional yang diraih Payakumbuh.

Penghujung sambutannya, Ketua DPRD sampaikan harapan besar warga Payakumbuh

" Kedepan, program pembangunan yang akan dilaksanakan diharap lebih menyentuh langsung warga secara umum. Tak kalah pentingnya Pilkada 2019 semakin dekat. Mari kita ciptakan pemilu dan pilkada yang sukses. Netralitas ASN tetap dijaga sesuai regulasi dari Mendagri," imbuh YB Dt. Parmato Alam.

"Selamat HUT Ke 48 kepada segenap warga Payakumbuh, semoga semakin maju dan mandiri," pungkas YB Dt. Parmato Alam.

Tak jauh beda, ungkapan suka cita juga disampaikan salah seorang tokoh masyarakat Payakumbuh, Asmadi Thaher. Kesempatan itu, mantan Wakil Ketua DPRD ini memenyebutkan prestasi dan kesuksesan Walikota Payakumbuh dari Walikota pertama hingga Walikota sekarang.

Riza Falepi selaku Walikota Payakumbuh dalam sambutannya dengan ucapan selamat HUT Kota Payakumbuh kepada segenap warga kota.

"Dengan Semangat HUT ke 48, kita wujudkan tatanan kehidupan yang harmonis, tatanan pemerintahan yang profesional, SDM yang berkualitas dan ekonomi masyarakat yang tangguh," sebut Riza Falepi.

Dikatakan Riza, Sejatinya wujud rasa syukur dan gembira kita sampaikan kepada perintis berdirinya Payakumbuh. Berdasarkan SK Mendagri Nomor 8/1970 tentang pembentukan Kotamadya Payakumbuh dan Radiogram Mendagri Nomor SDP. 9/6/181, tanggal 17 Desember ditetapkan Hari Jadi Kotamadya Payakumbuh. Sejak itu, banyak sudah pembangunan dilakaanakan. Kami hanya pelanjut estafet pemerintahan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Bagaimana Kota Payakumbuh berupaya untuk bisa berdiri dengan kaki sendiri.

"Pada HUT Ke 48, Anggaran 2019 sudah berada di posisi ideal sesuai harapan Mendagri sebagai barometer sebagaimana ditetapkan Mendagri. Terima kasih Legislatif dan tim anggaran, telah menyetujuinya. Semoga bisa kita realisasikan. Barometer ini merupakan PERTAMA di Sumatera Barat dan kita harus jaga kesinambungan ini. Disamping itu, Kamj akan tetap berupaya menciptakan optimalisasi standar pelayanan sesuai standar nasional, sehingga visi dan misi Kota Payakumbuh bisa kita wujudkan bersama,"pungkas Riza Falepi.

Sementara, Asisten II Pemprov Sumbar Benni Warlis mewakili Gubernur Sumatera Barat mengawali sambutannya dengan ucapan Selamat Hari Jadi Kota Payakumbuh Ke 48. Dirinya membacakan sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang berjumlah 17 lembar, siang itu.

Dari sambutan, Gubernur berpesan bahwa usia 48 tahun yang diabadikan sebagai HUT Kota Payakumbuh bukan sekedar seremonial semata tapi sejatinya menjadi wadah untuk evaluasi, prediksi dan introspeksi program kerja yang telah dilaksanakan agar kedepan jajaran Pemko Payakumbuh lebih intens dalam perwujudan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Dalam rangka peningkatan PAD, Kepala Daerah dan pimpinan OPDnya mesti gigih melahirkan terobosan dan inovasi terbaik.

Posisi Kota Payakumbuh yang strategis sangat menopang pertumbuhan sumatera barat. Untuk itu lahirkan inovasi out the box dan mampu bergerak cepat, termasuk menuntaskan masalah keummatan dan kemasyarakatan. Komitmen dengan penegakan suplemasi hukum yang jelas. Penciptaan good governance dengan melakukan penguatan fungsi-fungsi birokrasi pemerintahan. Selamat hari jadi Kota Payakumbuh Ke 48, semoga Pemko Payakumbuh semakin gesit mewujudkan visi dan misinya," Benni Warlis akhiri sambutan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Usai rapat paripurna istimewa, seluruh peserta rapat bertolak menuju lapangan Medan Nan Bapaneh objek wisata Ngalau Indah untuk makan siang. Dimana di lokasi ini dipusatkannya Pesta Rakyat. Di lokasi inilah resepsi HUT Kota Payakumbuh Ke 48,  dilaksanakan. Seluruh makanan dan kuliner yang ada disediakan Pemko Payakumbuh untuk tamu dan warga kota, secara gratis. 

Dari jadwal yang kita amati,  malam HUT Kota Payakumbuh Ke 48 akan dilaksanakan lounching Payakumbuh Kota Rendang dirangkai malam hiburan rakyat.(ul)

Istimewanya, HUT Kota Payakumbuh Ke 48 ini tampak dihadiri Perwakilan Negara Malaysia, Bupati se Sumbar, Ketua DPRD se Sumbar, Forkopimda Kota Payakumbuh, Ketua PKK Henny Yusnita Riza Falepi, Ketua GOW Machdalena Erwin Yunaz, Kepala Kankemenag Mustafa, Kepala BPS, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN / BUMD, Mantan Walikota, Fahmi Rasyad, Mantan Wakil Walikota, Suwandel Mukhtar, Mantan Wakil Ketua DPRD Asmadi Thaher, Anggota DPRD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.