Aswanadharma Dukung Festival Makan Sate Ikan Nila Terbanyak

IMPIANNEWS.COM (Sijunjung)

Alek Festival makan sate ikan nila terbanyak oleh anak PAUD dan TK pada rangkaian kegiatan ulang tahun Dharmasraya ke 15, yang digagas Bupati Sutan Riska dan Ketua Forikan Ny. Dewi Sutan Riska mendapat acungan jempol dari Ketua Asosiasi Walinagari Kabupaten Dharmasraya (Aswanadharma) H. Rasul Hamidi Dt. Saridano.

Oleh karena itu, Aswanadharma akan memberikan dukungan terhadap suksesnya acara yang akan melibatkan 1519 anak PAUD dan TK se Kabupaten Dharmasraya. "Ini kegiatan positif dan memiliki dampak luas bagi kesejahteraan masyarakat. Kami sebagai walinagari tidak punya alasan untuk tidak mendukung. Kita dukung dan kita sukseskan," katanya usai menerima kunjungan Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo beserta Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dodi Sandra Syam, S.Pt., M.Si di kediamannya di Sungai Rumbai Selasa (11/12/18).

Menurut tokoh yang juga Walinagari Sungai Rumbai itu, pelaksanaan festival makan sate ikan nila bagi anak PAUD dan SD ini memiliki sejumlah dimensi, antara lain dimensi pangan dan kesehatan, dimensi pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia, serta dimensi sosial dan ekonomi. Dilihat dari dimensi pangan dan kesehatan, festival makan sate ikan nila bagi anak PAUD dan TK, merupakan sebuah upaya penyediaan bahan pangan bergizi yang sangat baik bagi kesehatan anak anak dan malah menambah kecerdasannya.

Sementara itu, sambung Rasul Hamidi, dilihat dari dimensi pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia, kegiatan yang dicetuskan bupati bersama Ketua Umum Forikan Dharmasraya itu, merupakan ajang untuk membiasakan diri makan ikan supaya setelah dewasa otaknya bisa lebih cerdas dan badannya memiliki daya tahan yang kuat. Dan juga dilihat dari dimensi sosial ekonomi, festival makan sate ikan nila jelas akan meningkatkan penjualan ikan produksi Dharmasraya dan juga akan menjadi wahana kerjasama seluruh nagari dalam memajukan Kabupaten Dharmasrays.

"Saya pikir ini gagasan besar yang dilahirkan oleh seorang pemimpin Dharmasraya," kata Rasul Hamidi.Oleh karena itu, dia mengajak seluruh walinagari ikut mensukseskan acara tersebut. Caranya dengan menggerakkan ibu  ibu PKK nagari untuk ikut lomba membuat sate ikan dan mengerahkan 30 anak PAUD dari nagarinya. "Saya mengharapkan semua nagari wajib ikut," kata Rasul Hamidi.

Sementara itu, Ketua Forikan Kabupaten Dharmasraya Ny. Dewi Sutan Riska menjelaskan, untuk menyediakan sate ikan nila sebanyak 15 ribu tusuk, maka Forikan bekerjasama dengan TP PKK akan melaksanakan lomba membuat sate ikan nila. Masing masing nagari sebagai peserta lomba membuat 350 tusuk sate ikan. Dengan demikian akan terkumpul 15 rbu tusuk sate.

"Kami akan memberikan hadiah bagi pemenang satu, dua dan tiga. Kami juga akan memberi bantuan biaya untuk pembuatan sate. Malah kami akan membantu BBM untuk mobikisasi anak PAUD dan TK oleh masing masing nagari," kata Dewi Sutan Riska. (bw)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.