Usai Disambut Pemkab, 302 Jemaah Haji Bergabung ke IPHI

IMPIANNEWS.COM
LIMAPULUH KOTS -- Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi menerima secara resmi sebanyak 302 orang jamaah haji tahun 2018 asal Kabupaten Limapuluh Kota, yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa (18/9/2018)
Acara penerimaan kembali jamaah haji tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, Ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo,SH , Forkopimda, Kakan Kemenag Limapuluh Kota H.Ramza Husmen , Kabag Kesra Arwital dan Ketua IPHI Limapuluh Kota H.Saiful.SP dan seluruh KUA dilingkungan Pemda Limapuluh Kota
"Atas nama pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, saya mengucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu yang telah menunaikan ibadah haji," kata Irfendi Arbi di hadapan seluruh jamaah haji tersebut.
Sebagai jamaah haji yang baru pulang, kata Irfendi Arbi, kami semua melihat wajah-wajahnya yang bersih suatu pertanda meraih haji yang mabrur tentunya banyak hal dan peristiwa spiritual yang dialami selama menunaikan ibadah haji, baik yang menyenangkan maupun mungkin tidak menyenangkan. Kesemuanya itu, menjadi sebuah pengalaman berharga yang mungkin hanya sekali dialami selama hidup," tuturnya.
Ditambahkan H. Irfendi Arbi , “kita perlu bersyukur penyelengaraan haji tahun ini berjalan dengan aman,baik, lancar dan sukses, hal tersebut merupakan hasil kerja keras, kerja sama seluruh stakeholder yang terlibat serta dukungan dari masyarakat luas”, jelas Irfendi Arbi
Dijelaskan pula bahwa pada tahun 2017 BPS mencatat Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) berada pada skor 84,85 persen dengan kategori memuaskan, Pemerintah mentargetkan IKJHI naik menuju kategori sangat memuaskan, “Saya yakin target IKJH tersebut dapat terwujud seiring telah dilakukan berbagai ikhtiar perbaikan pada sepuluh indikator penilaian IKJHI”, terang Bupati tokoh muda yang dikenal mudah tersenyum itu.
Disisi lain Bupati berpesan agar jemaah yang baru melaksanakan haji dapat mengambil peranan strategis dalam membangun Lima Puluh Kota yang beriman dan bertakwa, “Bapak/Ibu semua merupakan modal sosial pembanguan yang ada ditengah-tengah umat, para jamaah haji tersebut bisa menjadi panutan dan suri tauladan dalam tutur kata dan perbuatan, baik di lingkungan keluarga, tetangga, bahkan di lingkungan masyarakat luas.” Tutur H.Irfendi Arbi yang terkenal jebolan Fakultas Pertaniaan Unand ini.
Dalam kesempatan tersebut bupati mendoakan juga kepada Ketua DPRD Limapuluh Kota , dan ke pada Wakil Bupati Limapuluh Kota untuk diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk pergi berhaji ke tanah suci
" kita berdoa semoga bapak Safaruddin Dt.Bandaro Rajo diberikan kesempatan oleh Allah untuk menunaikan ibadah haji, begitu juga kepada bapak wakil Bupati Ferizal Ridwan yang kita rekomendasikan untuk dapat menunaikan ibadah haji dan semoga Allah memberikan memanggil mereka" ujar H Irfendi Arbi yang di aamiin kan oleh seluruh jemaah.

Sebelumnya H. Ramza Husmen Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam laporannya menjelaskan, “jemaah haji Lima Puluh Kota yang tergabung dalam kloter 14 telah sampai di daerah pada tanggal 11 September yang lalu. Pada kesempatan tersebut lanjut Ramza “Saya mendampingi Bupati Lima Puluh Kota untuk menanti kepulangan jemaah langsung ke tangga pesawat”.
“Hal tersebut merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah Daearah dalam upaya memastikan peningkatan kualitas layanan ibadah haji”, tegas Ramza. Pada momentum ini izinkan saya atas nama pribadi dan pimpinan lembaga menyampaikan apresiasi serta rasa bangga kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan berbagai dukungan terhadap suksesnya penyelengaran haji tahun ini, ujar putra Kamang ini.
Sementara itu Safaruddin Dt Bandaro Rajo.SH, Ketua DPRD Lima Puluh Kota dalam sambutannya menyampaikan, “Ibadah haji merupakan panggilan dari Allah S.W.T kepada hamba-Nya, walaupun seseorang yang memenuhi sehat lahir batin, cukup biaya dan mendapat fasilitas apabila tidak ada panggilan dari Allah maka dia tidak akan dapat berangkat “ ujar Safaruddin Dt Bandaro Rajo.SH tokoh politisi senior dari Partai Golkar.
Ditambahkannya “DPRD Lima Puluh Kota bersama dengan Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama memiliki komitmen kuat dalam upaya meningkatkan kualitas layanan ibadah haji, hal tersebut terlihat dari alokasi pembiayaan haji pada APBD daerah yang setiap tahun terus meningkat sesuai dengan kondisi keuangan daerah”, tegas Safarudin
Pada akhir kegiatan tersebut, Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi secara resmi menerima kepulangan jemaah haji Lima Puluh Kota dari Panitia Penyelengara Ibadah Haji Lima Puluh Kota H.Ramza Husmen Kakan Kemenag Lima Puluh Kota untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Daerah Lima Puluh Kota H.Saiful.SP sehinggan bertambah anggota IPHI Limapuluh Kota.
Ketua IPHI dalam menyambut penyerahan jemaah haji tahun 2018, mengatakan: “ Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia menerima 302 jemaah haji untuk bersama sama dalam penerapan pada kehidupan sehari-hari sesuai dengan visi IPHI, yakni Haji Mabrur Sepanjang Hayat yang bermakna pengamalan nilai-nilai haji selama hidup sebagai implementasi dari haji mabrur.
“ dan pengggurus besrta segenap anggota IPHI Daerah Limapuluh Kota akan disambut dan diterima secara resmi dengan rangkaian acara tablig akbar sebagai anggota baru bertempat di gedung IPHI Center pada tanggal 23 September 2018 “ terang ketua IPHI H.Saiful.(ul)
#SaifulGuci