Nasrul Abit: Peserta KulinerRun disajikan masakan Padang.

IMPIANNEWS.COM (Padang).

KulinerRun merupakan upaya untuk lebih memperkenalkan berbagai kehindahan kota Padang sebagai destinasi wisata, dan mengangkat wisata kuliner minang yang telah diakui dunia.

Pada tahun 2018 ini peserta kulinerRun sangat diminati peserta dari luar kota Padang.tentu berdampak kepada hunian hotel di Padang.

Perpaduan antara event promosi pariwisata dan olahraga dalam bentuk lomba terbukti telah memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah dan pengembangan kepariwisataan di Sumatera Barat khususnya kota Padang.

dapat kita lihat peningkatan luar biasa pembangunan infrasturuktur. sarana dan prasarana tempat husaha dan fasilitas pariwisata diberbgai daerah di Sumatera Barat seperti kota Padang telah dibenahi.tentu menjadikan peningkatan kunjungan harus pariwisata meningkat terus-menerus.karena disegala sektor telah dilakukan pembenahan.
Makanya melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setiap tahun menyelenggarakan ivent Padang Kuliner Run di Padang.

pada kesempayan yang sama.Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menghimbau kepada masyarakat Sumatera Barat, para peserta kuliner Run. untuk dapat membuatkan bahan makanan seperti rendang minimal 1kilo atau 1,5 kilo, akan disalurkan melalui BPBD Provinsi Sumatera Barat jalan Jenderal Sudirman nomor 47 Padang Pasir kecamatan Padang Barat kota Padang.

Untuk meringankan beban saudara kita ditimpa bencana Gempa dan sunami di Palu.kenapa rendang kita kirim terlebih dahulu, karena rendang lebih tahan lama sebut Nasrul Abit pada saat melepas marathon 21K, 10K, 5K, 2,5K di depan Hotel Grand Inna Padang minggu 30 September 2018.

Sementara itu batas waktu pengumpulan rendang sampai 6 Oktober 2018.sekira akses masuk atau bandara sudah dibuka secepatnya rendang kita kirim. Pada saat ini baru terkumpul sekitar 270 kilo rendang.kita berupaya untuk mengirimkan rendang ke Palu 1 Ton atau lebih, karena di Palu lebih parah pungkas Nasrul Abit.

Iswandi Said Direktur utama PT Hotel Indonesia natour menjelaskan. Tahun 2018 ini yang kedua kalinya diselenggarakan Kuliner RUN di Kota Padang. sebanyak 2000 peserta mengikuti marathon jarak tempuh 21K,10K,5K,2,5K Padang Kuliner RUN di Grand Inna Padang.salah satu tujuannya dalam rangka menggerakan pariwisata dan memperingati gempa padang 2009 dan gempa Lombok serta gempa sunami di Palu.

Pelaksanaan event “Padang KulineRun 2018” mendapat dukungan penuh dari Kementrian BUMN, Gubernur Sumatera Barat, Dinas Kepariwisataan Sumatera Barat. dapat dijadikan sebagai event/gong awal dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day), pada tanggal 27 September.

Para peserta akan dapat melaksanakan lomba sambil menikmati ikon pariwisata kota Padang yang sebagian besar merupakan kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman,kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang (depan hotel Grand Inna Padang).

Seusai lomba para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang, termasuk dari industri, dan 30 UMKM. Pada tahun 2018 ini Hotel Grand Inna Padang sebagai penyelenggara event kuliner Run. menyiapkan sajian khusus masakan Padang seperti lontong gulai tunjang khas Padang, bubur kampiun. lamang tapai, sate Padang, randang tuna, dendeng.dan lebih banyak lagi makan yang enak.

Penyelenggaraan “Padang KulineRun 2018” ini tidak terlepas dari komitmen PT Hotel Indonesia Natour (Persero) bersama BUMN pendukung yang lain, bahwa “BUMN Hadir Untuk Negeri”, dalam hal ini mendukung pengembangan industri kepariwisataan kata Iswandi Said.tampak hadir Sekretaris Pemerintah Kota Padang Ir.Asnel, kepala Dinas Dispora Sumbar Adip Alpikri.kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan kota Padang Medi Iswandi. (yt)