Nobar Film G30S/PKI Pemantik Semangat Generasi Cinta NKRI

IMPIANNEWS.COM
Lubuak Batingkok, Kab. 50 Kota, -- Ditayangkannya kembali film dokumenter sejarah pengkhianatan PKI yang lebih dikenal dengan Gerakan 30 September 1965 oleh PKI atau G-30S/PKI,kepada generasi muda adalah untuk memancaing dan memantik semangat nasionalisme agar generasi muda cinta NKRI, serta rela berkorban demi NKRI.

Ungkapan ini dijelaskan tokoh masyarakat nagari Lubuak Batingkok Nurkhalis Dt. Bojo Dirajo saat diwawancarai wartawan pada Sabtu (29/09/2018) malam sekira pukul 21.00 saat berada di lokasi pemutaran film tepatnya di lapangan anak nagari / balai adat Nagari Lubuk Batingkok Kec. Harau Kab. 50 Kota.

Dikatakan Sang Datuk, tontonan malam ini diinisiasi pemuda bersama tokoh masyarakat bersama pemerintahan nagari dan KAN. Nonton bareng (nobar) dihadiri Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Solikhin S. Sos MM, Ketua DPRD Kab. 50 Kota, Safarudin Dt. Bandaro Rajo, Danramil 05/Harau, Mayor Inf Munawar, Walinagari Lubuk Batingkok, Yon Elvi S.Ag, Ketua FKPPI Kab. 50 Kota Benni Johor, Ketua KAN Nagari Lubuk Batingkok, Anggota Koramil 05/Harau, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda serta warga masyarakat di hadiri sekitar 500 orang," terang Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kab. 50 Kota Safarudin Dt. Bandaro Rajo menerangkan bahwa nonton bareng G-30S/PKI di laksanakan dengan tujuan agar warga dan generasi penerus bangsa mengetahui sejarah bahwa pada tanggal 30 September 1965 telah terjadi suatu pemberontakan dan penghianatan G-30S/PKI. Pemberontakan itu bertujuan untuk merubah dasar negara Republik Indonesia dari Pancasila menjadi ideologi Komunis. Dan hal ini tidak boleh dibiarkan. Berkat rahmat Allah, semuanya dapat diatasi," sebut Ketua DPRD Kab. 50 Kota.

Usai nobar, Dandim 0306/50 Kota dalam pesan singkatnya menyebutkan agar warga tetap waspada dalam segala hal, khususnya masalah yang akan dapat memecah belah warga.

"marilah kita selalu mengambil pelajaran berharga dari sejarah. Sejarah itu mahal, khususnya yang baru saja kita tonton. Insyaallah, pada Ahad (30/09/2018) malam hal serupa juga akan kita gelar di lapangan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Kota Payakumbuh," terang singkat Dandim.

Kegiatan nonton bareng Film G-30S/PKI di Nagari Lubuak Batingkok berakhir pukul 00.40 WIB dalam keadaan aman dan lancar. Meskipun sebagian warga menyebut ada bagian film tersebut yang terpotong.(ul)