PHBI adakan Koordinasi Dalam Rangka Persiapan Hari Idul Adha 1439 H

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kota Bukittinggi bersma Pemko, Kakan Kemenag dan pihak terkait melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha1439 Hijryah. Rapat dilaksanakan di ruang rapat utama Balaikota, Rabu, 15/08/2018.

H. Zulfikar Kasi Bimas Islam Kankemenag kota Bukittinggi sekaligus sekretaris PHBI menyampaikan bahwa para ahli hisab dan ru’yah telah memantau dan melakukan penghitungan bulan sejak beberapa hari lalu. Dari hasil tersebut diputuskan Idul Adha 10 Zulhijjah 1438 Hijriyah jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018 mendatang. 

"InsyaAllah penetapan dan pelaksanaan shalat Idul Adha serentak pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2018. 
Untuk Kota Bukittinggi shalat Idul Adha 1439 H dipusatkan di Lapangan Kantin Bukittinggi dan sebagai khatib Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar dan imam ustadz Rusman Edi dari IPQAH Bukittinggi," tuturnya.

Sementara itu Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi menyampaikan untuk menyambut hari raya Idul Adha 1439 H tahun ini, pemko Bukittinggi bersama PHBI tidak menggelar acara Bukittinggi Bertakbir disebabkan lokasi taman pedestrian Jam Gadang masih dalam pengerjaan. 

"Bukittinggi Bertakbir untuk menyambut Idul Adha tahun ini, tidak kita laksanakan. Kita terkendala lokasi taman Jam Gadang yang saat ini masih dalam proses revitalisasi. 

Namun demikian, kita tetap himbau untuk tidak mengurangi semaraknya Isul Adha, pelaksanaan takbiran dapat dilaksanakan di setiap mushalla dan masjid," jelas Irwandi.

Lebih lanjut Wakil Walikota menghimbau warga untuk meminimalisir pelalsanaan takbir keliling serta mengimbau masyarakat agar dapat bersama-sama mengikuti shalat Idul Adha di lapangan Wirabraja atau lapangan kantin Bukittinggi. (Sy)