Irfendi Arbi Sambut 257 Mahasiswa KKN PPM dari Unand

Bupati menyambut kedatangan 257 mahasiswa UNAND di Aula pertemuan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota,
IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Bupati Limapuluh Kota instruksikan seluruh camat dan Wali nagari yang ada di daerahnya agar menyiapkan fasilitas berupa tempat tinggal kepada mahasiswa KKN UNAND (Universitas Andalas) serta menghimbau masyarakat untuk memberikan dukungan kepada seluruh mahasiswa UNAND yang melaksanakan KKN di Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal itu dikatakan Bupati saat menyambut kedatangan 257 mahasiswa UNAND di Aula pertemuan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, baru-baru ini.

Menurutnya, KKN PPM ini merupakan suatu bentuk kegiatan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu para mahasiswa juga bisa menjalankan tridarma perguruan tinggi ditengah-tengah masyarakat, selanjutnya dikatakan Bupati mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman berharga nantinya ketika hidup dalam bermasyarakat di luar kampus.

“Di samping itu, KKN juga dapat meningkatkan rasa tanggung jawab mahasiswa, dapat merumuskan dan menanggulangi masalah-masalah pemerintah daerah dalam membangun daerah,” katanya.

Selanjutnya Bupati meminta kepada seluruh mahasiswa untuk dapat menyesuaikan diri didaerah yang ia pimpin dan berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu akademik yang di dapat di bangku kuliah di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Adik-adik mahasiswa bapak berpesan untuk selalu menjaga kesehatan selama melaksanakan KKN disini. Terapkanlah ilmu yang didapat selama kuliah kepada masyarakat, semoga adik-adik mahasiswa dapat membimbing masyarakat Limapuluh Kota ke arah yang lebih baik. Tak lupa bapak doa'kan adik-adik nanti mendapatkan nilai yang memuaskan,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Dosen Kepala rombongan KKN PPM UNAND di Kabupaten Limapuluh Kota, Yufri Aldi mengatakan kegiatan KKN PPM Universitas Andalas ini telah berjalan puluhan tahun silam, bahkan Universitas Andalas adalah salah satu Universitas pelopor kegiatan pengabdian masyarakat ini di Indonesia.

"Pada 2018 ini tema KKN PPM UNAND adalah Membangun Mahasiswa Dengan Karakter Andalasian Yang SEJATI(Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung jawab dan Ikhlas) Menuju Nagari Madani Untuk Kejayaan Bangsa,"ujarnya. 

Dikesempatan itu dirinya melaporkan bahwa pada tahun ini jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN PPM UNAND berjumlah lebih kurang 4300 orang, yang didominasi oleh mahasiswi, terdiri dari 15 Fakultas yang nantinya akan disebar ke 18 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, pada tahun ini jumlah mahasiswa KKN di Kabupaten Limapuluh Kota berjumlah 257 orang, jumlahnya juga didominasi peserta wanita sebanyak,159 orang, dan peserta laki-laki sebanyak 98 orang, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berjumlah 10 orang dan nantinya KKN ini akan ditambah dengan 4 orang mahasiswa internasional yang berasal dari negara Jepang,"ujarnya.

Dikatakannya mahasiswa peserta KKN ini akan disebar ke 7 Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota dan kemudian di sebar lagi ke 10 Nagari yang ada di Kecamatan tersebut.

Adapun Kecamatan yang akan di kunjungi mahasiswa KKN ini adalah Kecamatan Payakumbuh, tepatnya di Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Luak mahasiswa akan ditempatkan di Nagari Mungo dan Sungai Kamuyang, Kecamatan Harau tepatnya di Kenagarian Harau, Kecamatan Lareh Sago Halaban di Nagari Sikumpa.

Selanjutnya, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, mahasiswa akan menetap di Nagari Situjuah Batua dan Situjuah Gadang, Kecamatan Mungka di Nagari Mungka, terakhir Kecamatan Akabiluru mahasiswa KKN menetap di Nagari Koto Tangah Batu Hampa, dan Batu Hampa.

"KKN ini dimulai saat Bupati tetelah menerima langsung kunjungan adik-adik mahasiswa ini, dan akan berakhir pada tanggal 8 Agustus, Semoga akan banyak transfer ilmu positif dari mahasiswa kepada masyarakat selama mengabdi di Kabupaten Limapuluh Kota nantinya," pungkasnya.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.