Baznas Bukittinggi Gelar Sunatan Massal Gratis

Ketua Baznas Bukittinggi, Prof. A. Rahman Ritonga menjelaskan, khitanan massal ini merupakan program rutin tahunan dari Baznas
IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

Badan Amil Zakat Nasional 
(BAZNAS) Kota Bukittinggi menggelar Khitanan Massal secara gratis yang diikuti oleh 85 orang anak warga kurang mampu bekerjasama dengan Dewan Pengurs Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPC-FKDT) Kota Bukittinggi yang bertempat di pelataran Masjid Asy Syifah RSI Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi, Kamis 28/6/2018.

Ketua Baznas Bukittinggi, Prof. A. Rahman Ritonga menjelaskan, khitanan massal ini merupakan program rutin tahunan dari Baznas. Khitanan menjadi salah satu kewajiban dari umat muslim laki-laki. Selain menjadi ibadah, khitan juga bermanfaat bagi kesehatan lahir dan batin anak.

“Alhamdulillah, setiap tahun kita laksanakan dan ini merupakan tahun ke tujuh sejka tahun 2012. Kali ini, sebanyak 85 anak dari keluarga kurang mampu, kita bantu untuk khitanan gratis. Semua biaya ditanggung Baznas dan dibantu tenaga medis dari Yarsi. Sedangkan pengumpulan anak-anak ini bekerjasama dengan FKDT kota Bukittinggi,” jelasnya.

Kakan Kemenag kota Bukittinggi diwakili oleh kasi penyelenggara Syari'ah hj. Misra Elfi sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Baznas tersebut dan mengharapkan agar program ini terus berlanjut bersama program-program sosial lainnya sehingga lebih banyak masyarakat kurang mampu yang dapat dibantu oleh Baznas.

"Khitan bagi umat muslim menjadi sebuah kewajiban dan ibadah. Dengan adanya bantuan dari Baznas ini tentunya kita berharap masyarakat merasa terbantu dengan biaya ditanggung Baznas yang berasal dari dana zakat tersebut," tuturnya

Sementara itu Walikota Bukittinggi melalui Assisten II Administrasi Ekonomi Pembangunan Setda Ismail Johar juga mengharapkan khitanan massal tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam kegiatan khitanan massal gratis tersebut dan kewajiban kita sebagai orang tua adalah juga mendoakan semoga anak-anak kita menjadi anak yang soleh dan terhindar dari segala marabahaya.

Kepada anak – anak peserta Khitan selain mendapatkan sarung secara gratis dari Walikota, semua peserta juga akan mendapatkan bantuan penanganan medis gratis di semua Puskesmas di Kota Bukittinggi. (Sy)