CEMBURU NAN AMPEK

H. SAIFUL GUCI (KABAG HUMAS DPRD 50 KOTA)
IMPIANNEWS.COM
Apo cemburu nan ampek pak ? Tanya Rika Wati

Banyak yang bilang cemburu itu tanda cinta. Dalam sebuah hubungan asmara, rasa cemburu memang timbul sebagai respon alamiah dari emosi yang dirasakan. Selama ini,  mungkin menilai cemburu hanya membuat hubungan tidak sehat. Padahal, cemburu dalam hubungan bisa membuat perjalanan asmara bertahan lebih lama, lho. Bagaimana bisa? 

Alam takambang jadi guru. Cemburu pada dasarnya ada 4 (empat) yaitu : Cemburu barabah, cemburu enggang, cemburu puyuah dan cemburu tampua.
Anda termasuk cemburu mana ?

1. Cemburu Barabah. Barabah adalah nama burung kecil yang suka makan belalang dan bunga rumput. Cemburu Barabah adalah rasa iri hati kepada orang lain. Burung Barabah membuat sarangnya secara terbuka. Dan mereka mengerami telurnya bergantian antara jantan dan betina. Burung Barabah apabila keluar sarangnya selalu berbunyi ribut, apabila ada burung lain yang lewat dia akan marah kian kemari dan selalu terbang ke kiri kanan sarangnya memperlihatkan cemburunya. Apakah rumah tangga Anda memperlihat cemburunya seperti burung barabah ini ?

2. Cemburu Enggang. Burung yang berbadan besar dan bermahkota besar. Cemburuan Burung Enggang adalah  burung yang jantan, dia selalu curiga kepada temannya apabila istrinya sedang mengerami telurnya. Burung Enggang membuat sarangnya di lubang kayu yang tinggi dan sangat rapi sekali. Waktu betina mengerami lubang sarang ditutup dimana sang betina tidak dapat keluar dari dalam. Apabila ada burung enggang jantan lain yang berbunyi disekitar sarangnya, maka sang jantan akan cemburu membabi buta. Akibat cemburunya ini kepada istrinya, sang jantan akan pergi dan bahkan tidak akan melihat istrinya lagi dan terkadang sampai yang betina mati kelaparan. Apakah rumah tangga Anda memperlihat cemburunya seperti burung engang ini ?

3. Cemburu Puyuah. Burung Puyuh yang cemburuan adalah burung yang betina. Burung Puyuh yang mengerami telurnya di semak belukar adalah burung jantan dan yang mencari makan adalah burung betina, makanya burung puyuh betina akan sangat cemburu apabila ada burung betina lain yang melintasi sarangnya seolah olah betina ini akan merebut suaminya. Sikap betina dia akan pergi saja tanpa memberitahu pejantan, karena dia sangat marah di bakar api cemburu. Apakah rumah tangga Anda memperlihat cemburunya seperti burung puyuh ini ?

4. Cemburu Tempua. Burung Tempua adalah burung yang suka hidup berkeluarga. Untuk menghindari cemburunya mereka membuat sarang secara terbuka oleh pasangan masing masing. Tempua dalam kelompoknya selalu menjalin hidup saling percaya mempercayai dan saling sayang menyayangi serta saling menghargai dalam keluarga. Mereka hidup berkelompok, dan apabila ada satu burung saja yang membuat onar, maka mereka akan mengkroyok pembuat onar tersebut. Apakah rumah tangga Anda memperlihat cemburunya seperti burung tampua ini ? (ul)

Alam takambang jadi guru. Cemburu pada dasarnya ada 4 (empat) yaitu : Cemburu barabah, cemburu enggang, cemburu puyuah dan cemburu tampua.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.