Terbaik Kota Padang, UP2K Gunung Pangilun Dinilai Tingkat Provinsi

Terbaik Kota Padang, UP2K Gunung Pangilun Dinilai Tingkat Provinsi

IMPIANNEWS.COM (Padang)

Geliat ekonomi keluarga melalui Gerakan PKK - Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) semakin dirasakan warga Kelurahan Gunung Pangilun. Ini ditandai dengan adanya peningkatan produktifitas dari kader-kader PKK berupa hasil keterampilan merangkai acrylic, menjahit dan membuat kue kering.

"Keberhasilan program UP2K dibuktikan  dengan adanya peningkatan ekonomi keluarga karena adanya usaha-usaha yang produktif dalam rumah tangga atau kelompok UP2K," kata Tisno Eli selaku Ketua Tim penilai UP2K tingkat Provinsi Sumatera Barat saat penilaian di Gunung Pangilun, Senin (7/5/2018).

Kali ini, PKK Kelurahan Gunung Pangilun didapuk mewakili Kota Padang dalam penilaian UP2K tingkat Provinsi Sumatera Barat. UP2K yang terdiri dari 4 kelompok yang dinamakan Kelompok Sejahtera ini diakui yang terbaik di Kota Padang.

Menurut Tisno Eli, kekompakan warga dan kelompok-kelompok kerja pada PKK Gunung Pangilun telah menunjukkan semangat kemajuan bersama. Hal ini berefek terhadap usaha peningkatan pendapatan keluarga yang dimulai dengan pelatihan-pelatihan.

"Melihat semangatnya sepertinya berpeluang menjadi juara satu tetapi kita belum melihat sejauh mana keberhasilan peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga berdasarkan data-datanya," kata Tisno.

Sementara itu, Ketua PKK Kelurahan Gunung Pangilun, Syamsidar Andi Amir mengatakan, upaya yang dilakukan selama ini adalah mendata potensi masyarakat. Bagi ibu-ibu yang tidak memiliki penghasilan tambahan keluarga dibantu diberikan pelatihan keterampilan melalui program Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Dinas Perdagangan. 

"Setelah memiliki keterampilan, diupayakan pula pembentukan kelompok untuk mengembangkan potensi. Mereka juga dibekali bahan-bahan berupa acrylic dan bantuan mesin jahit dari dinas terkait," kata Syamsidar.

Seiring waktu, usaha yang dimulai tersebut mulai berjalan dan melihatkan hasil. Produk yang dihasilkan sudah dapat dipasarkan melalui pendampingan dari pendamping UKM kelurahan. 

"Sekarang usaha kelompok UP2K Gunung Pangilun berjalan sesuai harapan. Kedepannya akan terus dikembangkan," ungkapnya.

Lurah Gunung Pangilun menyebut, dorongan dari Ketua LPM dan tokoh masyarakat suatu hal yang memotivasi warga untuk lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. "Kita bersama tokoh masyarakat terus mendorong warga untuk kreatif dan produktif sehingga membantu tambahan pendapatan bagi keluarga," kata lurah terbaik Kota Padang itu.

Pada kesempatan ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra. Diakui Lurah Andi Amir, pokok - pokok pikiran anggota dewan terhadap kelompok UP2K sangat membantu percepatan perkembangan usaha. 

"Pokir dari anggota dewan sangat membantu untuk kelompok UP2K," tukasnya.(th)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.