190 Siswa Madrasah Beradu Cerdas Di KSM Pasaman

Drs. Nafrizal, M.MPd membuka resmi kegiatan dan memberikan motivasi, semangat berkompetisi kepada ratusan pelajar madrasah negeri dan swasta se kabupaten.
IMPIANNEWS.COM (Pasaman). 

Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pasaman resmi digelar Sabtu (12/5) yang diikuti sebanyak 190 siswa-siswi madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha Drs. Nafrizal, M.MPd membuka resmi kegiatan dan memberikan motivasi, semangat berkompetisi kepada ratusan pelajar madrasah negeri dan swasta se kabupaten.

Di kesempatan itu, ia menyampaikan amanah pimpinan H.Abdel Haq agar peserta bersaing dalam kompetisi sains dengan maksimal untuk meraih prestasi. Menunjukkan kemampuan ilmu pengetahuannya sesuai bidang lomba yang diikuti.
Nafrizal menilai, melalui KSM dapat melahirkan generasi-generasi berkualitas, cerdas dan berdaya saing. 

Tidak hanya sebagai ajang seleksi untuk mencari utusan daerah mengikuti KSM tingkat Provinsi Sumatera Barat tetapi juga sebagai wadah evaluasi dari proses belajar mengajar yang telah dilakukan di madrasah masing-masing.

Sebagai ajang seleksi, Nafrizal berharap dari KSM Pasaman ini terpilih duta-duta terbaik yang mampu bersaing, beradu kecerdasan dengan pelajar-pelajar se Sumbar nantinya di Padang. Sekaligus diharapkan adanya siswa Pasaman yang mewakili ke tingkat nasional.
Menurutnya juga, kompetisi yang dikhususkan buat peserta didik madrasah ini sebagai program Kemenag untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat.

“Selamat berkompetisi, saatnya beradu kecerdasan dan ayo raih prestasi dan wujudkan madrasah hebat bermartabat”, pekiknya semangat.

Kepala seksi Pendidikan Madrasah Sulpan Amri, S.Ag dan penitia pelaksana Yudhi Yantes, SE menginformasikan jumlah peserta KSM tingkat MI sebanyak 30 siswa, tingkat MTs sebanyak 82 siswa dan pada tingkat MA ada 78 siswa yang mengikuti dari 9 madrasah negeri dan 16 swasta se Pasaman.

Bidang pengetahuan yang dikompetisikan, Sulpan menerangkan ada sebanyak sebelas bidang diantaranya matematika, IPA, IPS, geografi dan lainnya berlangsung satu hari bertempat di sejumlah ruang kelas MAN 1 Pasaman.

Yudhi menambahkan, nantinya akan dipilih masing-masing tiga siswa yang terbaik dari bidang-bidang lomba dan tingkatan madrasah. (suf78)