Dosen FIS UNP Nofrion Bagikan Tips Publikasi KTI Di Situs Ternama.

IMPIANNEWS.COM

PADANG  - Dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP), Dr. Nofrion, M.Pd. dalam materinya menjelaskan tips bagaimana untuk lulus publikasi Karya Tulis Ilmiah (KTI), di situs ternama seperti Scopus, SINTA, dan Google Scholar pada kuliah umum yang diadakan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) di Aula FIS UNP, Selasa (21/5).

Selaku pemateri Nofrion menjelaskan beberapa hal mengenai penulisan karya tulis ilmiah yang tepat seperti proses menulis, jenis karya ilmiah, dan bagaimana belajar menulis karya tulis ilmiah itu sendiri.

Nofrion menambahkan bahwa terdapat tiga pokok penting dalam proses menulis KTI yaitu prapenulisan, penulisan, dan perbaikan penulisan.

"Jadi dapat dilihat bahwa yang penting dalam proses menulis KTI itu sendiri ada tiga prapenulisan, penulisan, dan perbaikan penulisan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan apa saja jenis KTI yang ada seperti laporan kegiatan akademik, artikel ilmiah, karya pendidikan, dan karya ilmiah populer.

"Jadi KTI itu sendiri terdiri dari empat macam terdiri dari laporan kegiatan akademik (makalah, laporan magang, dan laporan riset), artikel ilmiah, karya pendidikan (skripsi, tugas akhir, tesis, disertasi), maupun karya ilmiah populer)," ucapnya.

Salah satu mahasiswa Departemen IAN Nadya Putri Pratama dalam sesi tanya jawab menanyakan bagaimana cara lulus publikasi KTI pada situs ternama yang terbilang sulit.

"Seperti yang kita tau publikasi KTI adalah hal yang tidak mudah lalu bagaimana agar KTI yang kita buat dapat dimuat di situs-situs ternama seperti Scopus, SINTA, dan Google Scholar," tanyanya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Nofrion menyampaikan bahwa terdapat beberapa tips untuk lulus dalam publikasi KTI di situs ternama.

"Untuk lulus publikasi seleksi pertama harus mencari jurnal yang relevan dengan topik terlebih dahulu, selanjutnya melihat indexing, membaca abstrak, membaca latar belakang, melihat referensi, dan terakhir membaca ketentuan publikasi," paparnya.

Terakhir, ia menyampaikan harapan kedepannya untuk calon administrator muda IAN untuk selalu membaca.

"Karya tulis ilmiah adalah salah satu bukti kita sebagai mahasiswa, dan karya tulis ilmiah akan memperpanjang umur karena akan selalu dikenang, oleh karena itu perbanyak membaca karena mustahil kita bisa menulis tanpa membaca," harapnya. Berita dikutip dari https://www.ganto.co/

Post a Comment

0 Comments