Deforestasi Menghantui Indonesia

Penulis: Ai Kurnia
Komunitas: Muslimah Rindu Surga Bandung

IMPIANNEWS.COM

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak kehilangan hutan primer tropis dalam dua dekade terakhir. Hal ini tercatat dalam laporan Global, Forest Review dari World Resources Institute (WRI).

WRI mendefinisikan hutan primer tropis, sebagai hutan berusia tua yang memiliki cadangan karbon besar dan kaya akan keragaman hayati yang khas mulai dari tumbuhan dan juga satwa yang dilindungi. Deforestasi di Indonesia sangat masif yaitu perubahan lahan hutan menjadi non hutan secara permanen, seperti menjadi perkebunan kelapa sawit atau menjadi pemukiman.

Tentu  hal ini menciptakan kesulitan hidup rakyatnya, tidak akan  menjadi masalah apabila sang pemangku kebijakan memperhatikan  keseimbangan lingkungan hidup, apabila benar-benar diperlukan.

Penurunan fungsi dan kerusakan ekosistem hutan juga terjadi, pembalakan liar, penebangan pohon secara sembarangan, dan pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan seolah diberikan kebebasan yang akhirnya berdampak pada banjir, longsor ketika musim hujan, bahkan kekeringan ketika musim kemarau, bahkan polusi udara.

Penguasa saat ini memberikan jalan untuk keuntungan segelintir orang yang memberi keuntungan tanpa menyadari kebijakannya akan mengakibatkan kehancuran ekosistem hutan.

Hutan primer butuh waktu untuk melakukan reboisasi atau penanaman kembali, yang tentunya butuh waktu puluhan tahun atau bahkan berabad-abad untuk pemulihan kembali.

Sistem kapitalisme yang terjadi saat ini meniscayakan adanya kesenjangan antara kelestarian dan lingkungan, para pemangku kebijakan akan memberikan kebebasan kepada para oligarki selama mereka memberikan keuntungan, sebagai sesuatu yang sangat dominan yang menjadi tujuan.

Dalam Islam hutan adalah kepemilikan umum yang tidak boleh dikuasai oleh segelintir orang atau bahkan asing, karena Rasulullah Saw telah mencontohkan bahwa tanah, air, api, dan padang rumput harus dikelola oleh negara dan menjaga kelestariannya yang akan memberikan manfaat untuk umat.

Islam memiliki berbagai aturan  untuk menjaga kepemilikan umum, bahkan juga hutan, karena hutan yang akan membagikan pasokan udara yang bersih bagi lingkungan juga menyerap polusi udara yang bisa menggangu pernapasan, serta menyimpan cadangan air yang diperlukan untuk kelangsungan hidup.

Penguasa dalam Islam akan mengelola hutan sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasul-Nya dan menyadari akan adanya pertanggung jawaban atas amanah yang diembannya. Pemerintahan Islam akan memberikan kemuliaan dan meriayah  umat yang menjadi tanggung jawabnya.

Marilah kita kembali kepada Islam yang kafah dan mengopinikan bahwa Islam yang akan memberikan rahmat bagi seluruh alam tanpa membedakan suku, bangsa, warna kulit bahkan agama. Kita akan tentram di dalamnya seperti para pendahulu kita.

Islam adalah umat terbaik karena Allah SWT meridhoinya, Islam akan memberikan kemuliaan bagi siapapun yang ada di bawah naungannya dengan seorang Khalifah yang amanah, ini sudah terbukti selama 13 abad lebih Islam memimpin kemuliaan dan dunia.

Wallahua'lam bishawab.

Post a Comment

0 Comments