Mengenal Kangguru Dari Australia

Oleh: Rezky Fariz Nouvensi
(Mahasiswa Sastra Inggris Unand)

IMPIANNEWS.COM

Australia dikenal sebagai negara yang memiliki ciri khas yakni kanguru. Sebab, iklim pada Australia memang cocok dengan kehidupan kangguru, sehingga kangguru dapat berkembang biak secara cepat dan baik. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin "gangguru".

Kanguru adalah satu-satunya binatang berukuran besar yang bergerak dengan cara melompat. Karena struktur kaki pada tubuhnya, kanguru juga tidak bisa melangkahkan kaki belakangnya seperti cara manusia berjalan.

Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20–25 km/jam bahkan, faktanya bisa mencapai 70 km/jam. Kanguru diketahui memiliki otot tungkai depan (bisep) yang kuat, dan kini telah diketahui bahwa otot tersebut selain digunakan untuk berkelahi, juga digunakan untuk memikat betina. Kanguru pada umumnya hidup selama 9-18 tahun lamanya, bahkan bisa lebih dari itu.

Kanguru adalah binatang mamalia yang memiliki kantung. Kantung tersebut berfungsi sebagai tempat untuk makan dan tidur untuk bayi-bayi mereka. Bayi kanguru akan tinggal di dalam kantung induknya hingga memasuki usia 11 bulan.

Perlu diketahui pula, populasi kanguru di Australia lebih banyak daripada manusia. Laman National Geographic menyebut bahwa Australia dihuni sekitar 25 juta orang dan 50 juta kanguru. Dan itulah sebabnya, kanguru merupakan binatang khas Australia. 

Australia memiliki 3 jenis kanguru, diantaranya ada, kanguru merah, kanguru abu-abu dan kanguru pohon. 

Pertama, Kanguru merah dikenal sebagai hewan marsupial terbesar di dunia. Kanguru merah termasuk hewan yang hidup secara berkelompok. Ketika berdiri, tinggi dari kanguru merah akan mencapai lebih dari 2 meter dengan berat 90 kg. Habitat asli dari kanguru merah berada di kawasan gersang atau jarang ditemukan air.

Selanjutnya kanguru abu-abu, jumlahnya lebih banyak dibandingkan kanguru merah. Mereka hidup di hutan-hutan terbuka eukaliptus dan di padang berumput. Kanguru abu-abu mengkonsumsi rerumputan sebagai makanan utamanya. 

Terakhir adalah kanguru pohon, sesuai namanya kanguru pohon menghabiskan waktunya di atas pohon. Kanguru pohon tidur pada siang hari di antara dahan-dahan pepohonan, dan pada malam harinya ia gunakan untuk makan dan melakukan aktivitas lainnya.

Kanguru pohon dapat ditemukan di daerah hutan hujan tropis di Australia bagian timur laut dan Guinea Baru. Kanguru pohon juga termasuk sebagai satwa hewan yang dilindungi. Hal tersebut dikarenakan jumlah dari kanguru pohon yang hampir punah akibat dari kerusakan lingkungan.

Post a Comment

0 Comments