Bukber PT Sampoerna Agro dengan Insan Media di OKI Diduga Cuma Pencitraan

IMPIANNEWS.COM

Kayuagung - PT Sampoerna Agro Tbk diminta agar tidak tebang pilih dalam menjalin kemitraan baik dengan insan pers maupun LSM  yang ada diwilayah Kabupaten OKI, hal tersebut diungkapkan Aliaman, SH salah satu Aktivis Anti Korupsi di Sumsel kepada awak media ini terkait acara Buka Puasa Bersama pihak PT Sampoerna Agro Tbk dengan 76 orang insan media yang ada di OKI baru-baru ini.

Dikatakannya, suatu kekeliruan jika pihak PT Sampoerna Agro Tbk hanya menjalin kebersamaan dengan 76 orang insan media, sementara insan media (insan Pers dan LSM) di Kabupaten OKI cukup banyak, bahkan ribuan orang.

Dengan hanya 76 orang yang di undang dalam acara Bukber tersebut, Aliaman menilai hal tersebut diduga sekedar pencitraan saja, tandasnya.

"PT Sampoerna Agro Tbk merupakan suatu perusahaan perkebunan yang besar, 

"Ya, kita kecewa saja, karena tidak semuanya diundang, padahal insan pers yang bertugas di OKI ini ratusan bahkan ribuan orang,  ungkapnya.

Kedepan kita berharap Management PT Sampoerna Agro Tbk yang ada di OKI dapat mengundang semua insan pers dan lsm yang ada di OKI, untuk data insan pers itu komunikasikan dengan humas atau Diskominfo OKI, sementara untuk lsm bisa berkoordinasi dengan Badan Kesbangpol OKI, sehingga semuanya bisa tercaver atau tidak sama sekali, hal itu tentunya untuk menghindari kecemburuan sosial diantara insan pers dan lsm yang bertugas di OKI, ujar Aliaman SH Alumni UNISKI yang digadang sebagai Ketua DPD IWO Indonesia OKI ini, Minggu (16/04/2023).

Dilansir dari berbagai media online yang berjudul ”PT Sampoerna Agro Buka Puasa Bersama Insan Pers dan LSM di OKI" dimana PT. Sampoerna Agro Tbk kembali menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan Insan Media dan LSM Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Mr K Kafe & Resto Kayuagung, Jumat (14/4/2023).

Acara tersebut merupakan wujud dari semangat kerjasama, dan menjalin silaturahmi antara managemen Sampoerna Agro dengan Insan Media dalam menebar kebahagiaan untuk meraih berkah Ramadhan.

Acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama tersebut dihadiri oleh 70 orang Jurnalis dari berbagai media online, cetak dan media televisi, serta dihadiri oleh 6 orang Pengurus LSM yang berada di Kabuaten OKI.

Sementara dari managemen PT. Sampoerna Agro Tbk dihadiri oleh Helmi Abidin (GM Area II), Erwin Thaib (GM A&CI), Fencentius Sinaga (GM Area I), Suryantopo (RHP Support), Fajar Suryono (Manager CSR), serta Staff/Assistant Sampoerna Agro.

PT. Sampoerna Agro Tbk merupakan perusahaan agrobisnis yang memiliki dan mengelola perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, dan di Sumatera Selatan berada di Kabupaten OKI.

Dalam menjalankan operasioanalnya perusahaan terus berupaya maksimal untuk dapat bermanfaat terhadap stakeholder dan masyarakat sekitar, ramah terhadap lingkungan serta patuh dengan aturan hukum yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Manager CSR & Media Relation, Fajar Suryono mengatakan, PT Sampoerna Agro terus berupaya maksimal dan berperan positif untuk stakeholder dan masyarakat sekitar.

“Sampoerna Agro terus berupaya maksimal dan berperan positif untuk stakeholder dan masyarakat sekitar, ramah terhadap lingkungan, dan patuh terhadap aturan hukum yang berlaku. Melalui Program CSR, Sampoerna Agro sangat berkomitmen untuk melakukan Program – Program yang bersifat pemberdayaan Masyarakat, seperti pada Bidang Ekonomi, dan Pendidikan. SMP Literasi Petir, Ketahanan Pangan, Pesantren Hidayatur Qur’an dan Budidaya Jamur Merang merupakan beberapa Program Unggulan CSR Sampoerna Agro,” kata Fajar Suryono dalam pembuka acara buka puasa bersama Insan Media.

Dalam kata sambutannya GM Area II Helmi Abidin mewakili Managemen Sampoerna Agro menuturkan, peran Media sangat penting dalam proses pembangunan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Ia sangat bangga dan mengapresiasi terhadap rekan – rekan media di Kabupaten OKI. Dimana media telah berperan secara kritis dan membantu informasi positif terhadap Sampoerna Agro dalam menyampaikan dan memberikan informasi untuk masyarakat.

“Saya mewakili managemen Sampoerna Agro mengucapkan terima kasih pada rekan media atas peranan postifnya dalam memberikan informasi pada masyarakat terkait dengan kegiatan-kegiatan perusahaan. Kita sangat mendukung keberadaan rekan-rekan media untuk bisa bersifat kritis dan memberikan masukan positif kepada kami dalam menjalankan operasional kami, sehingga bisa bermanfaat dalam proses pembangunan di Kabupaten OKI,” tutur Helmi.

Ditempat yang sama, Dewan Etik Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKI Richard yang mewakili Insan Media menyampaikan, kerjasama dalam hal pemberitaan dan informasi dengan Sampoerna Agro berjalan sangat baik, karena kahadiran perusahaan di Kabupaten OKI sangat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Kami dari media akan terus mendukung program-program dari PT Sampoerna Agro, khususnya dalam bidang informasi pemberitaan. Memberikan informasi kepada masyarakat luas khususnya di OKI, tentang pencapaian apa saja kontribusi yang telah pihak perusahaan lakukan kepada masyarakat, sehingga kami bisa merasakan manfaat positif,” ujar Richard.

Sementara itu, Perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Purun Institute, Syarifuddin dalam kata sambutannya mengatakan, sangat banga terhadap Sampoerna Agro yang telah menganggarkan biaya untuk Program CSR setiap tahun.

“Kami dari rekan-rekan LSM masuk dalam Forum CSR Kabupaten OKI dan melakukan Monitoring dan Evaluasi setiap semester terhadap Program CSR Sampoerna Agro. Kami sangat berharap Program CSR Sampoerna Agro semakin baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” tandasnya. 

Dari informasi yang diterima, selain berbuka bersama dengan insan pers dan anggota lsm tersebut, pihak PT Sampoerna Agro Tbk di OKI diduga memberikan buah tangan atau uang sejumlah ratusan ribu rupiah kepada para undangan yang hadir dalam acara bukber tersebut. (Tim/Red)

Post a Comment

0 Comments