Usai Khutbah, Kepala Kankemenag Limapuluh Kota Salurkan Alquran di Kampung PDRI

.

IMPIANNEWS.COM

Sarilamak, -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota terus melakukan berbagai inovasi program dalam upaya mewujudkan visi dan misi yang diemban. Salah satu program inovasi tersebut adalah Khutbah Jumat Keliling Nagari bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota. 


Bertempat di Masjid Raya Nagari Koto Tinggi (23/12) tempat jamaah shalat Jumat antusias memadati Masjiad Raya yang berdiri kokoh di nagari yang pernah menjadi pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 74 tahun silam.


H. Irwan, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota, setelah pelaksanaan sholat Jumat dihadapan tokoh masyarakat dan jamaah menyampaikan, "Atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya ucapkan terima kasih sekaligus apresiasi kepada masyarakat Koto Tinggi, yang telah menyambut sekaligus bersilaturrahmi melalui program Khutbah Jum'at Keliling Nagari. Saya terharu disambut dan ditunggu oleh Wali Nagari dan masyarakat dengan antusias yang tinggi," jelas Kakan Kemenag.


Terkait dengan program Khutbah Jumat Keliling Nagari, Kakan Kemenag menyampaikan, “Ini merupakan program yang dirancang untuk menghadirkan Kementerian Agama ditengah-tengah umat, program ini diharapkan akan memperkaya pemahaman kita dalam melihat problematika keumatan yang dihadapi oleh masyarakat. Kedepnaya program ini akan dikembangan secara terstruktur dan sistematis agar memiliki outcome yang jelas dalam meningkatakan kualitas kehidupan umat di Nagari," terang alumni UIN Imam Bonjol ini.


Terkait dengan implementasi program penguatan moderasi beragama Kakan Kemenag menjelaskan,”pengutan moderasi beragama merupakan program startegis Kementerian Agama yang sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024.


Oleh sebab itu Kakan Kemenag berharap program tersebut terus disosoialisakan kepada masyarakat secara baik dan efektif,. ditegaskan juga bahwa, moderasi beragama merupakan ikhtiar kebangsaan dalam menghadirkan wajah agama yang penuh dengan sikap tolerasi, dimana moderasi beragama adalah salah satu solusi terbaik untuk saat ini, dalam mengantisipasi potensi konflik ditengah keragaman dan kemajemukan bangsa, “tegas H.Irwan


Terpisah Budiman Aziz, Kepala KUA Kecamatan Gunung Omeh menyampaikan, “Terima kasih atas kepercayaan pimpinan yang telah hadir di Nagarai koto Tinggi dalam program Khutbah Jumat Keliling Nagari. Masyarakat Koto Tinggi sangat gembira dan antusias dengan kedatangan tim dari Kemenag Lima Puluh Kota, mudah-mudahan kegiatn ini dapat memperkuat jalinan silaturrahmi yang telah terbangung," simpul Budi.


Pada kegiatan tersebut, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota bertindak sebagai Khatib shalat Jumat dan Kepala KUA Kecamatan gunung Omeh bertindak sebagai Imam shalat Jumat, diakhir kegiatan Kakan Kemenag secara simbolis menyerahkan paket Al-Quran yang diterima oleh Pengurus Masjid.(014)

Posting Komentar

0 Komentar