Dalam Masa Reses, Ketua Komisi III Ali Tanjung Kunjungi Dua Sekolah di Tarusan.

IMPIANNEWS.COM

Padang – Memanfaatkan masa reses, Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Ali Tanjung kunjungi SMAN 1 dan SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau pembangunan yang didanai APBD Tahun 2022 dan merupakan pokok pikiran (pokir) Ali Tanjung sebagai wakil rakyat.

“Dengan dana pokir saya pada APBD Tahun 2022 dilaksanakan pembangunan di sekolah ini. Saya berharap dengan begitu kedua sekolah di Koto XI Tarusan tersebut memiliki fasilitas yang memadai dan akhirnya berujung pada peningkatan mutu pendidikan,\” ujar Ali Tanjung, Rabu (26/10).

Rincian pembangunan sekolah yang didanai dengan pokir Ali Tanjung untuk SMAN 1 yakni untuk pembangunan laboratorium Rp200 juta, peningkatan kapasitas masjid Rp200 juta, sanitasi Rp100 juta dan pengadaan mobiler Rp200 juta.

Kemudian untuk SMKN 1 yakni pembangunan pagar sekolah Rp200 juta, pengadaan peralatan praktikum Rp100 juta, pengadaan mobiler Rp200 juta. Sempat pula diserahkan bantuan kendaraan untuk praktikum berupa mobil Colt Diesel 150 PS.

“Mobil diberikan dalam keadaan yang tak sempurna, tak bisa dihidupkan.

Tapi berkat keterampilan siswa dan siswi memperbaikinya, mobil tersebut bisa dijalankan dan difungsikan,” ujarnya. Saat kunjungan ke SMKN 1, Ali Tanjung juga sempat menjadi pembina upacara di sekolah tersebut. Melalui pidato saat upacara, Ali Tanjung memotivasi para siswa. Pada para siswa Ali Tanjung berpesan agar keterampilan siswa-siswi SMKN dalam bidang otomotif dapat dipelajari dengan serius.

Sehingga nanti bisa berguna di tengah masyarakat. “Salah satunya setelah lulus sekolah, para siswa bisa membuka usaha di sektor otomotif.

Jika usaha tersebut berhasil berkembang dengan baik maka akan bisa menjadi lapangan kerja baru untuk orang lain,\” katanya. Dia mengatakan itulah kelebihan lulusan SMK yakni setelah lulus telah bisa langsung terjun ke dunia kerja karena telah memiliki bekal keterampilan yang mencukupi.

Di depan para siswa, Ali Tanjung juga sempat menyampaikan rasa bangga untuk lulusan SMKN tersebut karena telah banyak yang bisa mandiri dengan bekerja di berbagai perusahaan besar.

“Jadi jangan takut jadi pengangguran. Jika belajar dan menguasai keterampilan dengan baik maka bisa dapat pekerjaan,” katanya. Selain itu, saat mengunjungi SMAN 1, Ali Tanjung mengingatkan para siswa untuk menjaga nama baik sekolah dengan berperilaku baik. Siswa diminta untuk tidak ikut tawuran dan tidak menjauhi narkoba.

“Menjauhi hal-hal buruk seperti itu akan berguna untuk diri kita sendiri.

Fokuslah untuk belajar dan berprestasi,” paparnya.

Selaku anggota DPRD Sumbar, Ali Tanjung mengatakan pendidikan selalu menjadi salah satu sektor yang ia perhatikan.

Dia juga menyatakan komitmen untuk terus memfasilitasi pemenugan kebutuhan penyempurnaan saran dan prasana sekolah yang ada di Sumbar.

“Dengan upaya penyempurnaan sarana dan prasarana pendidikan ini kita harapkan sektor pendidikan di Sumbar dan khususnya Pesisir Selatan, akan semakin maju,” katanya. ( ** )

Posting Komentar

0 Komentar