Pengenalan Bahasa Jepang Kepada Anak SD Dengan Metode Bermain Peran, Permainan, Dan Simulasi

Oleh: Putri Redha Luthfa

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Tahun ini, Universitas Andalas mengirimkan seluruh mahasiswanya yang sudah memasuki semeseter 7 dan menyelesaikan minimal 100 sks untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di seluruh daerah yang ada di Sumatera Barat. Mahasiswa tersebut akan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan KKN yang disusun menjadi beberapa Program Kerja (proker) yang salah satunya yaitu mengajar di tingkat sekolah dasar.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswi Universitas Andalas, Putri Redha Luthfa yang berasal dari jurusan Sastra Jepang yang ikut menyukseskan proker KKNnya dengan memeberikan pengajaran memperkenalkan Bahasa Jepang di salah satu SD yang berada di nagari Sungai Antuan, Kecamatan Mungka, lebih tepatnya UPTD SDN 03 Sungai Antuan.

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang juga penting untuk diketahui dan dipelajari setelah Bahasa Inggris. Pengenalan bahasa Jepang ini berguna sebagai dasar pembelajaran ketika memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan seterusnya. Kegiatan mengajar ini dilakukan kepada seluruh siswa kelas 5 di SD tersebut.

Bahasa Jepang merupakan hal baru bagi siswa SD tersebut sehingga metode pengajaran yang digunakan agar tidak membosankan, mudah dimengerti dan menyenangkan yaitu metode bermain peran, permainan, dan simulasi. Pembelajaran dasar yang diberikan yaitu berupa perkenalan diri, kalimat sapaan, bagian-bagian tubuh, angka dan beberapa permainan tradisional jepang.

Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi orang-orang yang mendapatkan ilmu itu sendiri baik dari kegiatan mengajar, sosialisasi, dan juga berbaur dengan masyarakat sekitar. Dan diharapkan juga dengan adanya kegiatan belajar bahasa Jepang ini dapat membuat anak SD tersebut meminati bahasa Jepang untuk dipelajari di kemudian hari.

Posting Komentar

0 Komentar