Diskop UKM Padang Gelar Diklat Kompetensi Bagi Pengurus Koperasi.

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Bagi pengurus/pengawas koperasi sudah barang tentu harus memiliki kompetensi di bidangnya.

Apalagi di era globalisasi saat ini, sertifikasi kompetensi bagi mereka menjadi elemen penting sebagai bukti pengakuan keprofesionalan sebagai pengurus koperasi yang dinilai mampu bekerja/bergerak berdasarkan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKN).

Menyikapi hal itu, kali ini Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kompetensi Pengurus/Pengawas Koperasi se-Kota Padang di Hotel Padang selama 5-9 September 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang Ferri E. Rinaldy melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Jamilus menyampaikan, melalui diklat kompetensi ini berharap peserta tidak saja mendapatkan sertifikasi kompetensi namun  juga semakin meningkatkan kualitas, kapasitas dan kompetensi SDM koperasi di Kota Padang secara bertahap dan terarah. 

Adapun untuk peserta diklat kompetensi kali ini, sebutnya, diikuti peserta yang terdiri dari pengurus koperasi konvensional dan syariah se-Kota Padang. Untuk narasumber menghadirkan dari Lembaga Diklat Profesi Koperasi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Koperasi Jasa Keuangan  (KJK) dan dari Diskop UKM Padang.

"Kegiatan ini diikuti 30 peserta perwakilan pengurus dan alhamdulillah diselenggarakan berkat bantuan dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2022," bebernya, Jumat (9/9/2022).

Jamilus juga  menyebut, peserta diklat kompetensi tersebut merupakan perwakilan koperasi yang dinilai bagus dalam pengelolannya.

"Begitu juga koperasi mereka selalu melakukan rapat akhir tahunan (RAT)-nya tepat waktu, memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan omset koperasinya lebih dari Rp2 miliar," ungkapnya. 

Sementara itu Manajer Sertifikasi LSP KJKW WahyuAnindya mengatakan pentingnya sertifikasi kompetensi bagi pengurus koperasi.

"Selain memberikan bentuk pengakuan sertifikasi ini  juga untuk menimbulkan kepercayaan masyarakat yang ingin menjadi anggota dari koperasi tersebut. Maka itu kita tentu menyambut baik Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang yang mengupayakan digelarnya diklat kompetensi koperasi kali ini," ungkapnya.

( David )

Posting Komentar

0 Komentar