Sosialisasi Mengenai Impian dan Pohon Impian TANABATA pada Murid SD 08 VI Suku, Lubuk Sikarah, Kota Solok oleh Mahasiswa UNAND


Oleh : Zafira Salsabila
(Mahasiswa Antropologi Sosial UNAND)

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Impian menjadi motivasi dalam meraih suatu cita-cita, karena motivasi adalah suatu pendorong yang sangat mempengaruhi seseorang untu mencapai cita-citanya. Motivasi tidak akan muncul begitu saja, namun motivasi terbentuk oleh tenaga-tenaga yang bersumber dari dalam maupun dari luar diri individu itu sendiri. 

Selasa, 2 Agustus 2022 mahasiswa KKN UNAND berinisiatif melakukan sosialisasi kepada para murid SD 08 VI Suku mengenai Impian dan Pohon Cita-cita, dimana dalam perealisasiannya para mahasiswa menyiapkan pohon impian yang terbuat dari pohon bambu yang sudah di tanam pada pot dan disebut dengan TANABATA. Tanabata adalah festival tradisional Jepang yang dirayakan setiap musim panas dan orang-orang akan menulis permohonannya di kertas berwarna-warni yang bernama tanzaku yang kemudian diikatkan di ranting daun bambu dan berharap permohonan mereka akan terwujud. 

Sosialisasi diawali dengan penjelasan mengenai apa itu impian dan cta-cita, antusias dari para murid untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan membuat susana menjadi sangat menyenangkan. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kertas tanzaku agar para murid dapat menulis impian dan cita cita mereka. Kemudian satu persatu murid akan bergantian untuk mengikat tanzaku pada TANABATA.

Kegiatan sosialisasi mengenai impian ini bertujuan untuk memotivasi para murid Sekolah dasar mengenai apa itu impian, mengapa harus memiliki impian, dan mengapa bermimpi itu perlu bagi anak-anak di usia mereka. Sedangkan membuat dan memperkenalkan pohon impian atau TANABATA bertujuan untuk memperkenalkan budaya jepang kepada murid Sekolah Dasar.

Mahasiswa KKN UNAND, Zafira Salsabila berharap dari Sosialisasi ini para murid termotivasi untuk menentukan impian dan cita-cita yang mereka ingin di masa depan sehingga mereka dapat memperjuangkan cita-cita mereka sedari dini dan bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan sesuatu agar apa yang mereka ingin tercapai.

Posting Komentar

0 Komentar