Menpora RI Resmi Launching POMNAS XVII Tahun 2022 di Sumatera Barat.

IMPIANNEWS.COM

Padang— Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Prof. Dr.  Zainudin Amali,S.E., M.M secara resmi melaunching POMNAS XVII tahun 2022 di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar Padang, Kamis (25/8). Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Ketua PP BAPOMI dan Sekretaris Umum beserta Ketua dan Sekretaris BAPOMI Perwakilan seluruh Provinsi se Indones dan Olahraga, Forkompimda Provinsi Sumatera Barat: Ketua DPRD Provinsi, Kapolda Sumbar,  Kepala KAJATI Sumbar dan  Komando Resor Militer Wirabraja, Wali Kota Padang, Danlantamal II Teluk Bayur Padang dan Danlanud Sutan Sjahir Padang.

Sementara itu juga hadir Tim Technical delegate dari 14 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam POMNAS XVII Sumatera Barat, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (sekaligus sebagai Plt. Kapuspresnas), Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat UNP, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas UNP, Rektor, WR III Perguruan Tinggi se Sumatera Barat dan LLDIKTI (detailkan berapa orangnya), Majelis Pimpinan Universitas UNP (Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur,  Kepala Lembaga, Kepala Biro, dan Kepala Badan), Prof. Dr. Mohd Salleh Bin Aman, visiting Profesor dari University of Malaya Ketua KONI Sumatera Barat beserta Pimpinan/Ketua Pengprov Cabang Olahraga di daerah ini dan mahasiswa UNP.

Pada kegiatan lauching  selain memberikan sambutan, Menpora Prof. Dr. Zainuddin Amali, M. Si juga menekan tombol lauching dilakukan Parade Logo dan Maskot POMNAS XVII Tahun 2022 dan Penayangan Video selayang pandang POMNAS XVII Tahun 2022. Selanjutnya rombongan Menpora akan melihat kesiapan beberapa venue POMNAS di UNP, yang akan digelar bulan November 2022 ini. Selain itu, Mendibud Ristek Nadiem Anwar Makarim yang memberikan sambutan secara daring. Pada acara launching ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara UNP dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD, mengatakan:  “Kita juga berharap event POMNAS ini dapat berkontribusi positif pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Sebagaimana yang sedang digarap pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, sejak beberapa waktu terakhir telah mempersiapkan Desain Besar Olahraga Nasional, yang mana desain tersebut akan memberikan panduan perencanaan di bidang olahraga mulai dari hulu hingga hilir yang ditujukan untuk peningkatan prestasi olahraga nasional di kancah dunia. Dalam hal ini, Universitas Negeri Padang siap mendukung KEMENPORA dalam mengimplementasikan DBON, khususnya Provinsi Sumatera Barat atau Sumatera pada umumnya dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Universitas Negeri Padang. Kegiatan POMNAS ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Universitas Negeri Padang”.

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) adalah ajang olahraga nasional antar provinsi untuk mahasiswa perguruan tinggi tingkat sarjana dan diploma di Indonesia. POMNAS diadakan setiap 2 (dua) tahun sekali. POMNAS merupakan salah satu event olahraga prestasi nasional setelah PON (Pekan Olahraga Nasional) karena yang ikut berlaga dalam event POMNAS adalah atlit PON yang berstatus sebagai Mahasiswa. POMNAS diselenggarakan pertama kali di Yogyakarta pada tahun 1990. Nomor urut penyelenggaraan selanjutnya didasarkan pada POMNAS pertama tersebut. Event POMNAS XVI dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2019, yang seyogianya POMNAS XVII terlaksana pada tahun 2021, maka ditunda penyelenggaraannya menjadi tahun 2022 ini. Adapun tujuan dari POMNAS adalah Meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, Meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa, Meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa, dan Membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional.

Acara “Launching POMNas ini yang dibarengi dengan pelaksanaan launching Logo, Maskot serta Sistem IT POMNAS ini satu rangkaian kegiatan POMNAS yang puncak pertandingannya mulai dari tanggal 17-26 November tahun 2022. Adapun event POMNAS XVII di Sumatera Barat mempertandingkan 14 cabang olahraga, diantaranya; Venue (UNP) cabang olahraga Atletik, Renang, Tennis, Tarung Derajat, Bola Voli, Sepaktakraw, Petanque, Bola Basket, Futsal Putra. Venue (Raffely Futsal by Pass  Padang) cabang olahraga Futsal, Venue (Universitas Andalas) cabang olahraga Panjat Tebing, Bulutangkis, Pencak Silat. Venue (Politeknik Pelayaran Sumatera Barat di Padang Pariaman)  cabang olahraga, Venue (Akademi Teknologi Industri Padang), cabang olahraga Karate, dan Venue terakhir (Akademi Teknologi Industri Padang) cabang olahraga Taekwondo. Selanjutnya jumlah atlet yang akan berlaga pada event POMNAS XVII ini, yakni sebanyak 8602 atlet putra dan putri, serta 2006 official dan pelatih, yang berasal dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. (Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar