Kunjungan konjen India untuk pembahasan kerjasama.

IMPIANNEWS.COM

Padang -- Konsul Jenderal India, Mr. Shubham Singh, mengunjungi Universitas Negeri Padang (UNP) dalam rangka membahas peluang kerja sama antara UNP, Konsulat Jenderal India, dan institusi pendidikan yang berada di India,Kamis(17/2).

Salah satu insitusi pendidikan di India yang akan melakukan kerja sama dengan UNP adalah Indian Institute of Technology Madras (IIT Madras). 

Gagasan MoU antara UNP dan IIT Madras difasilitasi oleh Konsul Jenderal India yang beralamat di Medan, Sumatera Utara. Menurut Mr. Shubham Singh, penandatanganan MoU bagi kedua institusi akan dilakukan dalam waktu dekat, sekitar tanggal 26 Februari 2022. Sebelum penandatanganan MoU dilakukan, kedua institusi akan mengadakan diskusi secara virtual untuk membahas poin-poin serta peluang kerja sama yang akan dilakukan.

Dalam kunjungan kali ini, Mr. Subham Singh juga menyinggung beberapa bentuk kerja sama secara umum yang akan dilakukan antara UNP dan IIT Madras nantinya. Adapun poin-poin kerja sama tersebut antara lain: pertukaran mahasiswa dan staf, visiting researcher, kolaborasi penelitian dan publikasi, serta kerja sama di bidang akademik lainnya.

Sebagai salah satu institusi perguruan tinggi terbaik di India, IIT Matras terkenal dengan keunggulannya dalam bidang teknik, penelitian dasar dan terapan, inovasi kewirausahaan dan industri. Hal ini jugalah yang menjadikan IIT Matras memprioritaskan kerja sama dibeberapa bidang seperti informatika, animasi, pertambangan, teknik dan otomotif.

Selain pembahasan peluang kerja sama dengan IIT Matras, Mr. Shubham Singh juga menjelaskan adanya peluang beasiswa dan program capacity building dari Konjen India. Penawaran beasiswa dalam bentuk fully-funded serta program-program pelatihan profesional akan menjadi peluang besar bagi civitas akademika UNP ke depannya.

Kepala Layanan Internasional UNP, Rusnardi Rahmat Putra, Ph.D menyambut baik pembicaraan kerja sama antara UNP dan Konjen India. Menurutnya kedatangan Mr. Shubham Singh menjadi pintu pembuka dalam memfasilitasi kerja sama UNP dengan berbagai insitusi yang ada di India. “Kita berharap penandatanganan MoU bisa dilakukan dalam waktu dekat.” Ia juga menjelaskan bahwa UPT Layanan Internasional UNP akan menjadi pioneer dalam berbagai kerja sama internasional dengan berbagai negara termasuk juga negara Hindustan ini. 

(Rusnardi/Humas UNP)


Posting Komentar

0 Komentar