Prodi D4 Manajemen Perhotelan UNP, Gelar Kuliah Umum bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Para Pakar Pembangunan Desa


Impiannews.com

Universitas Negeri Padang-- Dalam rangka Memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Padang (UNP) ke 67 dan Implementasi MBKM, Prodi D4 Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata mengadakan Webinar Series dengan tema "Proyek di Desa” hal ini dilaksanakan dengan tujuan menambah wawasan mahasiswa pariwisata dalam membuat kegiatan berupa proyek atau penelitian yang ada di desa terutama pada kawasan hutan pada tanggal 09 Oktober 2021 secara virtual.

Hadir sebagai narasumber adalah Ir. Audy Joinaldy SPt, M.Sc. M.M, IPM, ASEAN. Eng  (Wakil Gubernur Sumatera Barat), Ardi Andono S.TP., M.Sc (Kepala BKSDA Sumatera Barat), Ritno Kurniawan, SP (Pelopor Lingkungan dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat Tk. Nasional). Ketiga narasumber merupakan unsur pentahelix yang sangat kompeten untuk memberikan materi pada kegiatan webinar ini.

Peserta pada kegiatan ini adalah Mahasiswa UNP dan luar UNP serta sejumlah akademisi dari UNP dan berbagai perguruan tinggi lain di Sumatera Barat. Disampaikan oleh Trisna Putra, SS, M.Sc, selaku Ketua Jurusan Pariwisata bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali seperti apa kebijakan pemerintah dan unsur pentahelix lainnya dalam menggali potensi desa khususnya di kawasan hutan. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan memberikan cara pandang yang berbeda tentang potensi Desa agar generasi muda dapat berkarya di Desa, khususnya di Sumater Barat” tambahnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I bidang akademik, Dr Yuliana, SP, M.Si. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan apresiasi kepada para narasumber yang sudah hadir dan bersedia memberikan ilmu kepada peserta webinar, dan juga kepada segenap penyelenggara dari jurusan pariwisata yang telah menginisiasi kegiatan ini. “Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program MBKM yaitu pelaksanaan proyek di desa, dan saat ini Mahasiswa UNP baru melakukan kegiatan KKN di desa. Tentunya mahasiswa Pariwisata juga sangat memiliki relevansi ilmu yang sangat terkait dengan proyek di desa, terutama di desa asal mahasiswa tersebut. Narasumber yang dihadirkan juga merupakan pengambil keputusan pada level provinsi dan para pakar lingkungan dan pembangunan desa” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Sumatera Barat @joinaldy menyampaikan materi tentang kebijakan pemerintah tentang pembangunan desa/nagari. Pada kesempatan ini beliau menyampaiakan bahwa saat ini pemerintah sudah memberikan dana desa dalam rangka mewujudkan pembangunan desa sesuai kewenangan pemerintah, dan saat ini sudah banyak desa yang mampu keluar dari desa tertinggal dan keterpurukan ekonomi. “Program-program nasional yang sebelumnya seperti bantuan stunting, desa wisata dan lainnya dialihkan dalam rangka penanganan Covid-19. Namun potensi desa harus segera berdaya kembali seperti melalui Bumdes” jelas beliau pada kesempatan ini.(Pasaribu/Humas UNP).

Post a Comment

0 Comments