Plot Mengagumkan Dari Novel “I Am Legend” Karya Richard Matheson


Oleh: Firman Syaleh
(Civitas Academica Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

I Am Legend merupakan novel karya Richard Matheson yang diterbitkan oleh Walker And Company di Amerika serikat sebanyak 167 halaman pada tahun 1954, novel ini telah membuat cerita bertema zombie dan konsep penyakit penyebab kiamat menjadi populer pada saat itu sampai sekarang dan telah diadaptasi menjadi banyak film dan teater.

Novel I Am Legend memiliki alur ketika dunia dilanda wabah penyakit yang disebabkan oleh virus krippin, virus ini bisa mengubah manusia menjadi vampire, para vampire memiliki kecepatan dan kekuatan yang melebihi manusia biasa namun mereka hanya bisa berkerak dimalam hari atau tempat yang tidak tercapai cahaya matahari karena mereka sangat sensitif terhadap cahaya, oleh karena itu para vampire ini disebut darkseekers.

Novel ini berpusat pada Robert Neville yang tinggal seorang diri di sebuah kota mati dan berusaha bertahan hidup dari serangan para Darkseekers. Robert adalah satu satunya orang yang selamat dari wabah di kotanya.Di siang hari Robert akan pergi ke pusat perbelanjaan terdekat untuk mengambil persediaan makanan dan alat-alat untuk mempertahankan rumah nya dari serangan para Darkseekers.Ketika malam datang Robert akan mengunci semua pintu dan jendela dengan kawat besi dan meletakkan beberapa bawang di sekitar rumahnya, lalu ia akan meringkuk di bak kamar mandinya  menunggu fajar datang untuk menghindari serangan para darkseekers. 

Karena telah terlalu lama sendiri dan diteror oleh para darkseekers, Robert merasa stres dan kesepian ia pun mulai berinteraksi dengan manekin di pusat perbelanjaan, dia memberi manekin manekin itu pakaian dan nama layaknya manusia biasa, setiap kali Robert pergi untuk mencari bahan makanan ia akan melakukan percakapan dengan manekin manekin itu, Robert melakukan hal ini untuk mengobati rasa kesepian di hatinya.

Menurut saya novel ini memiliki plot yang sangat mengagumkan karena terdapat berbagai kejadian tak terduga yang bisa membuat banyak pembaca ketagihan untuk mengetahui kelanjutan ceritanya di setiap halaman pada novel tersebut, Richard bisa membuat para pembaca merasakan berbagai emosi dalam novel melalui tulisannya.

Dilansir dari iamlegendarchive.com, Richard Matheson mengangkat genre fiksi ilmiah dalam novel I Am Legend yang pada tahun 1954 adalah genre yang tidak terlalu diminati oleh orang-orang pada saat itu, namun novel nya mendapatkan respon yang sangat baik dari para pembaca dan menginspirasi para pengarang pada saat itu untuk menulis tentang genre yang sama dan perlahan genre fiksi ilmiah menjadi populer seperti sekarang ini.

Louise nuttall adalah seorang dosen senior di University of Huddersfield, ia pernah melakukan penelitian tentang “Attributing minds to vampires in Richard Matheson’s I Am Legend” pada tulisan dia mengatakan bahwa “I argue that readers’ understanding of these other minds plays an important role in their empathetic experience and ethical judgement of the novel’s main character and focaliser, Robert Neville.” Atau pemahaman pembaca memainkan peran penting dalam pengalaman empati dan penilaian etis mereka terhadap karakter utama dan fokus novel, Robert Neville. Dan Richard Matheson bisa membuat pembaca memahami novel nya dengan mudah karena penggambaran yang jelas dan tidak terlalu rumit.

Richard mengatakan bahwa ia menemukan ide untuk novel I Am Legend pada usia 16 tahun, Richard terinspirasi dari teater drakula yang di bintangi Béla Lugosi, ia mengatakan bahwa “satu vampire saja sudah sangat menakutkan apa yang akan terjadi jika dunia ini penuh akan vampire.

Karena  Novel I Am Legend dilirik oleh banyak produser film terkenal dan  diadaptasi menjadi banyak film diantaranya The Last Man On Earth pada tahun 1964, The Omega man pada tahun 1971 dan dengan judul yang sama yaitu I Am Legend pada tahun 2007. Film film ini mendapat yang sangat baik dari para penonton dan tentunya telah merauh keuntungan yang tidak sedikit.

 I Am Legend telah menginspirasi beberapa penulis genre horor terkenal seperti Stephen King,Dean Koontz,Brian Lumley dan Simmons.Novel i am legend tetap dicetak di seluruh dunia selama hampir 65 tahun, dan pada tahun 2012, Horror Writer’s Asociation memilih I Am Legend sebagai the Vampire Novel of the Century.

Posting Komentar

0 Komentar