Penandatanganan Pakta Integritas untuk Seleksi Taruna Akpol di Polda Sumbar Dilaksanakan


Impiannews.com

Padang - Tahapan pelaksanaan untuk seleksi penerimaan Polri TA. 2021 kali ini adalah penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh panitia, peserta dan orang tua (wali) kepada peserta Taruna Akpol. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH memimpin jalannya pembacaan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang diikuti oleh calon peserta, panitia serta orang tua peserta, Jumat (16/4) di Mapolda Sumbar. 

Pelaksanaannya juga melalui zoom meeting, yang diikuti oleh masing-masing peserta di Polres-polres yang dekat dengan tempat tinggal peserta.  

Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas dalam rangka seleksi penerimaan terpadu Taruna Akpol T.A. 2021 di Polda Sumbar yang pada hari ini dilaksanakan secara terbatas dan disiarkan secara live streaming untuk peserta di tingkat wilayah guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Pengambilan sumpah, pengucapan dan penandatanganan pakta integritas dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri dilaksanakan secara Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis. 

Panitia, peserta dan orang tua peserta seleksi mempunyai komitmen yang sama untuk tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. 

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan calon anggota Polri,” ucap Kapolda Sumbar.

Dikatakan, penerimaan Taruna Akpol ini di tingkat Panitia Daerah (Panda) terdiri dari Pemeriksaan Administrasi Awal dan Akhir, Pemeriksaan Kesehatan Tahap I dan II, Pemeriksaan Psikologi, Uji Akademik, Tes Kesamaptaan Jasmani, Penelusuran Mental Kepribadian dan diakhiri dengan Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Panda.

“Nantinya peserta yang dinyatakan lulus terpilih tingkat Panda akan mengikuti seleksi selanjutnya pada tingkat Panpus (Panitia Pusat) di Lemdik Akpol Semarang,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh, adapun untuk pendaftar yang terverifikasi di Polda Sumbar sebanyak 255 orang yang terdiri dari 220 orang pria dan 35 orang wanita.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol K. Rahmadi, MH, Karo SDM Kombes Pol Defrian Donimando, S.Ik. MH, Pejabat Utama Polda Sumbar, Pengawas Internal dan Eksternal, serta peserta Taruna Akpol juga orang tua / wali.( Ay/HMS )

Post a Comment

0 Comments