Babi Mengganas, Petani Lapor Ke PORBBI Payakumbuh


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Disaat pandemi Corona seperti ini, keadaan sudah semakin sulit dan keadaan masyarakatpun sudah semakin susah. Seperti dilaporkan Ketua Kelompok Tani Balik Saiyo, Asrinaldi yang datang kepada pengurus Persatuan Olahraga Buru Babi Indonesia (PORBBI) Robby Setiady bersama penasehat PORBBI Pelda Johan Harefa, Senin (14/12).

Menurut mereka, tanaman ubi, padi, serta sayuran yang ditanam warga sudah banyak dirusak dan dimakan hama babi. Mereka meminta melalui pengurus dan penasehat PORBBI Kota Payakumbuh agar anggota PORBBI bisa bekerja sama dengan mereka untuk membasmi hama babi yang sudah semakin banyak dan meresahkan para petani kami yang berada di Baliak Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat yang berbatasan langsung dengan Nagari Sungai Beringin, Kabupaten Limapuluh Kota.

Mendapat laporan warga, apa lagi tentang ketahanan pangan yang terus digalakkan pemerintah saat ini pengurus dan penasehat PORBBI berjanji dalam waktu dekat ini akan segera mengumpulkan para anggota peburu babi untuk membasmi hama babi tersebut dengan tidak melupakan protap Covid-19 yang saat ini sedang juga menjadi wabah bagi kesehatan manusia saat ini

"Mudah mudahan dengan kordinasi kita bersama dan didukung oleh semua pihak kegiatan ini bisa terlaksana," ujar Robby Setiady didampingi Pelda Johan Harefa.

Menurut Robby, saat ini pengurus juga sudah langsung turun kelapangan untuk melihat kerusakan tanaman warga yang rusak akibat hama babi tersebut sekitar kurang lebih 1.5 Ha.

"Karena memang untuk saat ini kegiatan warga untuk menopang hidup dengan bertani dan bercocok tanam. Selain tanaman ubi, tanaman kami seperti sayuran dan padi kami juga rusak," ujar Rian pemilik perkebunan di daerah balik, Kelurahan Payolansek.

"Terpaksa kami bongkar muda untuk menutup kerugian kami saat ini," tambah petani lain. (014)

Posting Komentar

0 Komentar