PM Inggeris Boris Johnson, Kritik Trump Tak Sabar Pancing Kerusuhan atas Mengklaim Kemenangannya.

Perdana Menteri Inggris
Boris Johnson 

IMPIANNEWS.COM (London).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa ia sangat percaya bahwa proses pemilu AS akan berjalan dengan lancar.

Hal itu ia sampaikan usai Donald Trump, yang merupakan kandidat incumbent, membuat sejumlah klaim yang tidak memiliki bukti kuat terkait adanya tindak kecurangan di proses pilpres AS.

"Saya memiliki keyakinan terhadap kemampuan kontrol dan keseimbangan Konsitusi Amerika Serikat," kata Boris Johnson dikutip dari Reuters, dilansir impiannews.com, Sabtu (7/11).

Sebelumnya, Trump secara sepihak mengklaim bahwa ia telah berhasil memenangkan pemilihan umum AS meskipun proses penghitungan suara saat ini belum final.

"Jujur saja, kita telah memenangkan pemilihan umum ini," kata Trump, Selasa (3/11).

Sehari berselang, Donald Trump bahkan menuduh Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden berbuat curang terhadap jumlah suara pada pilpres AS.

"(Perolehan suara) kita besar, namun mereka berusaha untuk mencuri pilpres AS," tulis Trump dalam cuitannya.

Johnson enggan berkomentar banyak saat ia ditanya mengenai pandangannya apakah jika Joe Biden berhasil terpilih menjadi presiden AS, hal itu akan berpengaruh kepada Inggris.

"Jika saya adalah pemilih di Amerika, saya tentunya tidak ingin seseorang dari pemerintahan asing berkomentar mengenai pemilu saya," kata Johnson.

"Saya pikir sementara surat suara sedang dihitung, kita seharusnya wait and see (saja)," tukasnya.



Posting Komentar

0 Komentar