Turki Berduka Setelah Perseteruan dengan Perancis


Enam orang tewas akibat gempa Turki M 7, peringatan dini tsunami pun sudah dikeluarkan. /Instagram/@alanyahep_international

IMPIANNEWS.COM.(Turki).

Gempa berkekuatan 7,0 magnetudo mengguncang Turki hingga terasa di Yunani pada Jumat 30 Oktober 2020 hingga meratakan seluruh bangunan. Tim penyelamat mencari korban selamat dengan menggali bangunan dengan tangan kosong.

Gempa tersebut menewaskan sedikitnya 14 orang, dan menyebabkan tsunami kecil di pulau Aegean di Samos dan gelombang laut yang membanjiri jalanan di satu kota pantai barat Turki.

Sebagian besar kerusakan di Turki terjadi di sekitar kota resor Aegean, Izmir, yang memiliki tiga juta penduduk dan dipenuhi dengan apartemen bertingkat tinggi. Belum dapat dipastikan berapa banyak orang yang terjebak dalam reruntuhan.

Pejabat Turki mengkonfirmasi 12 orang tewas dan lebih dari 420 orang mengalami luka-luka setelah gempa melanda provinsi pesisir Izmir. Sedangkan di Yunani, dua remaja - laki-laki dan perempuan - tewas di pulau Samos ketika sebuah bangunan runtuh di atasnya.

Walikota Izmir Tunc Soyer mengatakan , sekitar 20 bangunan runtuh. Kota ini terbesar ketiga di Turki dengan sekitar 4,5 juta penduduk. Menteri Dalam Negeri Turki dalam unggahan akun twitternya mengungkapkan, enam bangunan di Izmir hancur.

Gubernur Izmir Yavuz Selim Kosger mengatakan sedikitnya 70 orang telah diselamatkan dari reruntuhan. Dia mengatakan empat bangunan hancur dan lebih dari 10 runtuh, sementara yang lain juga rusak.

AFAD mengatakan itu adalah gempa berkekuatan 6,6, sedangkan Survei Geologi AS mengatakan itu adalah 7,0. Itu terjadi sekitar pukul 11:50 GMT dan dirasakan di sepanjang pantai Aegean Turki dan wilayah barat laut Marmara.

Sedangkan Survei Geologi AS mengatakan kedalamannya 10 kilometer (enam mil) dan episentrumnya 33,5 km (20,8 mil) di lepas pantai Turki.

Disilangkan oleh garis patahan utama, Turki adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Lebih dari 17.000 orang tewas pada Agustus 1999 ketika gempa bumi berkekuatan 7,6 melanda Izmit, sebuah kota di tenggara Istanbul. Pada 2011, gempa bumi di kota timur Van menewaskan lebih dari 500 orang.***

*Disclaimer: Artikel ini hanya sekedar informasi bagi pembaca. Lingkar Madiun tidak bertanggung jawab atas copyrights sumber berita. Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, grafis, video dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab sumber aslinya.***


Posting Komentar

0 Komentar