TNI AL Turunkan 2 Kapal Perang dan Perketat Keamanan di Perbatasan NKRI-Malaysia

 TNI AL Turunkan 2 Kapal Perang dan Perketat Keamanan di Perbatasan NKRI-Malaysia

Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL saat bertugas di Jakarta. /Antara/M Risyal Hidayat/


IMPIANNEWS.COM (Perbatasan).

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) kini memperketat pengawasan dan keamanan di wilayah perbatasan NKRI dengan Malaysia yakni perairan Ambalat.

TNI Angkatan Laut menginstruksikan sejumlah unsur kekuatan internal yang tergabung dalam Satuan Tugas Perisai Sakti 2020 di wilayah Ambalat.

Dalam keterangan tertulis TNI Angkatan Laut pada Sabtu, 17 Oktober 2020, terdapat dua kapal perang yang berjaga di perairan Ambalat.

Kedua kapal perang tersebut diketahui merupakan KRI Diponegoro-365 dan KRI Layang-635.

Tak hanya itu, salah satu tim yang tergabung dalam Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) juga ikut bertugas dalam misi tersebut.

Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada II, Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo menyebut pasukan gabungan kini secara berkala melakukan patroli di area mercusuar Ambalat.

"Guspurla Koarmada II selalu berupaya mengamankan dan menjaga wilayah perairan laut Indonesia, terlebih di masa pandemi Covid-19," tutur Laksma Rahmat.

Ia menjelaskan bahwa patroli di area perbatasan yang dilakukan tim gabungan merupakan perintah langsung dari Panglima Koarmada II, Laksda TNI I N G Sudihartawan.

Dalam instruksi tersebut, TNI Angkatan Laut diperintahkan untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI dari berbagai bentuk ancaman asing sekaligus meningkatkan keamanan di wilayah perairan dari tindakan yang berpotensi melanggar hukum.***


Posting Komentar

0 Komentar