Warga OTS Laksanakan Ibadah Idul Adha dengan Protokol Kesehatan

Suasana goro lapangan shalat Ied 
IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Sebagaimana biasanya, Warga kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, laksanakan shalat Idul Adha 1441 H di lapangan mushalla 3 Dusun (Tanjung Onau, Balai Betung dan Talawi), yang jatuh pada Jumat (31/07/2020). Sebelumnya, warga kelurahan OTS bersama Pengurus mushalla 3 Dusun telah melaksanakan goro lapangan shalat, Kamis (30/07/2020).  

Tampak 5 mesin potong rumput digunakan operator merapikan rumput, sementara kaum ibu tampak menyapu dan mengumpulkan hasil potongan rumput dan sampah yang berserakan. Sekitar pukul 10.00, Lapangan shalat tampak bersih. 

"Hari ini kita laksanakan goro lapangan shalat, sebagaimana biasanya. Insyaallah kita warga OTS akan shalat Idul Adha 1441 H, pukul 07.30 WIB yang diawali dengan prosesi.  Yang akan bertindak sebagai khatib Idul Adha adalah Ustadz Dapendi, M. Pd. I (Guru PAI SMUN 1 Harau). Tema khutbah Melalui ibadah qurban Kita Tumbuhkan Semangat Berbagi dan Peduli serta Ikhlas di masa Pandemi Covid19,"terang Yarisman, Pengurus mushalla 3 dusun pada Kamis usai goro. 

Ditambahkannya, pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban akan dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan dan Surat Edaran Walikota Payakumbuh. 

"Setiap yang hadir di lapangan shalat Ied wajib pakai masker, menjaga jarak dan mambawa sajadah sendiri. Sementara panitia akan menyiapkan tempat cuci tangan dan handsanitizer. Bagi yang tidak patuh, Kami harapkan jangan mendekati lapangan shalat. Informasi shalat Ied dan penyembelihan hewan qurban ini sudah kita informasikan kepada warga melalui pengeras suara di mesjid dan mushalla. Selain itu, Kita sudah sebarkan himbauan di warung, kedai kopi dan papan informasi publik,"ulasnya. 

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sebagaimana disepakati Kita laksanakan pada Sabtu. Puluhan hewan qurban akan Kita sembelih pada hari itu. Untuk daerah Balai Betung, warga akan sembelih hewan qurban, 13 ekor sapi dan 5 ekor kambing di Porak Karambia Abu. Mari Kita sukseskan bersama dengan semangat ukhuwah islamiyah,"pungkasnya.(014)