Mak Kumis, Wartawan Sitawa Sidingin Itu Telah Pergi Selamanya

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- SELAMAT JALAN MAK KUMIS. Inna lillahi Wa inna Ilaihi rojiun.
Wartawan Luak Limopuluah berduka. Hanya berselang dua pekan, setelah kehilangan Rothman Ucok, kini giliran Am Chandra, 71 thn, meninggalkan wartawan Daerah Biru ini.

Mamak, atau Mak Kumis, panggilan akrab Am Chandra ini, menghembuskan nafas terakhirnya Kamis (16/7), dinihari, sekitar pukul 00.30 WIB, setelah dirawat beberapa hari di RSUD Ahmad Darwis Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepergian Mak Kumis, membawa kesedihan bagi seluruh jajaran Balai Wartawan dan PWI Perwakilan Limapuluh Kota dan Payakumbuh. Almarhum dinilai sosok wartawan ninik mamak, yang selalu menyelesaikan yang kusut dan menjernihkan yang keruh.

"Jika ada konflik internal di Balai Wartawan dan PWI Perwakilan, Mak Kumis datang menyelesaikannya. Dengan ucapan datar, suara baritonnya yang berwibawa, akhirnya semua yang keruh, jadi selesai. Ia sosok penjadi sitawa sidingin bagi kami," ucap Dodi Sastra, wartawan senior di Balai Wartawan Payakumbuh, disela-sela pemakaman jenazah Mak Kumis.

"Maafkan papa ya Om, Uda-uda, semua anggota BW dan PWI Luak Limopuluah serta bapak-bapak di jajaran pemkab dan pemko," ucap Rino Chandra, wartawan penerus Mak Kumis, usai pemakaman, Kamis siang.

Rino, salah seorang anak Mak Kumis, mengaku terpukul dengan kehilangan ayahnya. Baginya, semangat Mak Kumis yang tak pernah kenal menyerah dalam menghidupi mereka sekeluarga, belum dan dan tak akan pernah sebanding, pengabdiannya dalam nengurus dan merawat orang tuanya, di usia senja ini. 

"Apa yang kami lakukan dalam merawat papa sakit, tak seberapa dengan tanggung jawab papa, dalam membesarkan kami. Hanya kepada Allah SWT, kami beradik kakak, berdoa, agar papa diampuni semua dosanya dan diterima amal salehnya. Serta diberi tempat sebaik-baiknya di sisi Allah SWT."

Rino juga miminta ampunan buat diri dan semua keluarga, jika tak maksimal dalam merawat papanya. "Maafkan kami, semua anak-anak papa, jika tak maksimal dalam merawat papa," ucap Rino.

Di bagian lain, Rino juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada seluruh pejabat di jajaran pemko dan pemkab serta handai tolan serta keluarga yang datang. Semoga semuanya, menjadi amal saleh disisi Allah SWT, ucap Rino.(rel/014)