Pelaksanaan Jumat, MAYORITAS SESUAI PROTOKOL

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Pelaksanaan shalat Jum'at, dua hari jelang berakhirnya PSBB, di Kota Payakumbuh, belum semua masjid yang melaksanakan protokol kesehatan. Namun, berdasarkan pantauan tim gugus tugas, TNI/Polri, Satpol PP dan Kesbangpol, mayoritas kegiatan Jumatan berlangsung tertib, cukup banyak yang menjalani protokol kesehatan.

Kasatpol PP Payakumbuh Devitra dan Kepala Kantor Kesbangpol, Budi D. Permana, di balaikota, Jum'at (5/6), menginformasikan, dari hasil pantauan, pelaksanaan shalat Jum'at di Masjid Baiturahman di Kelurahan Payobasung, Payakunbub Timur, pantas diteladani pengurus maajid lain di Payakumbuh.

Di masjid tersebut, selain diawasi tim gugus tugas, karang taruna, ibu-ibu bundo kanduang dan TP-PKK setempat ikut berperan aktif. Mereka membagi-bagikan masker untuk jemaah yang tak membawa. 

Selain itu, karang taruna, bundo kanduang dan TP-PKK ikut mengecek suhu serta memberikan edukasi tentang penerapan protokol kesehatan lainnya. 

Di Masjid Al-Ihsan Kelurahan Tanjung Gadang Sungaipinago, pelaksanaan shalat Jumat, juga terbilang baik. Ada pemeriksaan suhu tubuh, jemaah pakai masker, dan menjaga jarak jemaah. 

Begitu juga di Masjid Mukhsinin Tiakar, di Masjid Ansharullah, Masjid Taqwa Parak Batuang, Masjid Al Ihsan Kotopanjang Lampasi, dan dibeberapa masjid lainnya.

Namun, Kadiskes dr. Bakhrizal yang shalat Jumat di salah satu masjid di Payakumbuh Selatan, masih menemukan banyak jemaah tidak memakai masker. Sementara itu, ada remaja yang duduk bergerombolan, tidak mengindahkan physical distancing, katanya. Juga tidak ada pengecekan suhu jemaah. 

Terhadap pengurus masjid yang tidak menjalani protokol kesehatan itu, kata kadisekes, seyogianya dipanggi lagi oleh tim gugus tugas untuk diberikan edukasi.(rel) 

Posting Komentar

0 Komentar