Danrem 032/WBR Serahkan Rumah Bantuan Buat Pejuang Kemerdekaan

IMPIANNEWS.COM 
KABUPATEN 50 KOTA, --- Pandemik Covid-19 yang kian mengkhawatirkan, bukan penghalang bagi prajurit TNI untuk terus berbuat baik demi rakyat. Bahkan, dimasa suasana yang akan mengancam jiwa dan raga prajurit TNI oleh penyebaran virus Corona, malahan prajurit berbaju loreng tersebut, saling berjibaku untuk menuntaskan tugas dan tanggung jawab demi kesejahteraan masyarakat.

Begitulah tugas dan tanggung jawab serta perhatian yang luar biasa  yang dilakukan oleh prajurit TNI di wilayah teritorial Komando Distrik Militer 0306/50 Kota selama pandemik Corona saat ini. Buktinya saja, dalam hitungan hari, prajurit Kodim 0306/50 Kota sukses membangun belasan rumah bagi keluarga kurang mampu serta untuk veteran.

Tak tanggung-tanggung, dari belasan rumah tersebut, 2 unitnya merupakan hunian bagi pejuang kemerdekaan RI. “Alhamdulillah, terima kasih pak Jendral,”ucap Sopian sang pejuang kemerdekaan penerima Rumah Layak Huni (RLH)  Jorong Kuranji, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak kepada Komandan Resor Militer 023/Wbr Brigadir Jendral   TNI Arief Gajah Mada  pada Rabu (17/6) siang.

Sopian sendiri, merupakan  seorang veteran, pernah berjuang dan berperang  melawan Belanda saat mempertahankan kemerdekaan RI. Meski sudah tua dengan usia 90 tahun, tidak melemahkan semangat dan mental Sofian untuk terus bertahan hidup dengan ekonomi yang  sederhana. “Saya dulu sering berperang saat angresi Belanda ke II. Itu sekitar tahun 50an,”cerita Sofian ke Brigadir Jendral   TNI Arief Gajah Mada.

Selain mengenang masa lalu, pejuang kelahiran 1930 itu, juga terharu atas perhatian tinggi dari TNI terhadap dirinya serta masyarakat umumnya. Mata pejuang yang sudah berjasa itu, turut berkaca-kaca saat menerima kunci rumah secara simbolis yang diserahkan oleh Danrem 032/Wbr tersebut.

Bersama rombongan Danrem 032/Wbr Brigjen  TNI Arief Gajah Mada itu, turut hadir Kasi Ter Korem 032/WbrKolonel Inf Budi Prasetyo, Kasi Log Korem 032/Wbr Kolonel Kav Asep Solihin, Kapenrem 032/Wbr Mayor Inf  HS Daulay, Dantim 032/Wbr Kapten Inf Simanjorang.

Kemudian, rombongan Danrem 032/Wbr turut didampingi Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota Letnan Kolonel Kav Ferry Lahe serta Bupati Limapuluh Kota Irfendi arbi dan sejumlah Kepala OPD lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.

Orang nomor satu pada korps TNI AD di Sumbar itu, sengaja mendatangi wilayah Kodim 0306/50 Kota untuk mencek langsung sejumlah kegiatan anak buahnya dalam rangka Hut ke 70 Kodam I/BB. Salah satunya penyerahan bantuan Rumah Layak Huni bagi keluarga kurang mampu dan veteran. Yaitu di Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak dan di Nagari Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Selain melakukan rehab rumah tak layak huni, pembagian sembako dan donor darah juga dilakukan dalam rangka Hut ke 70 Kodam I/BB itu. “Untuk pembuatan rumah layak huni, ada 19 unit. Kemudian donor darah yang diikuti oleh 1111 orang dengan darah yang dihasilkan sebanyak 582 kantong. Selain itu, kita sudah membagikan 3705 paket untuk masyarakat. Ini adalah kegiatan bhakti sosial dan karya bhakti TNI untuk rakyat,”terang  Brigjen  TNI Arief Gajah Mada.

Kemudian, Brigjen  TNI Arief Gajah Mada juga meninjau langsung kondisi kampung tangguh nusantara dampak Covid 19 di Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh. Kedatangan Danrem ke kampung tangguh di Perumahan Kubang Gajah, Limbukan itu juga di hadiri Kapolda Sumbar serta Walikota Payakumbuh.

Jendral bintang satu itu  menghimbau masyarakat untuk ikut sama-sama  berperang melawan penyebaran Covid-19. “TNI menjalankan penegakan disiplin protokoler kesehatan. Karena itu, kita himbau masyarakat selalu menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Ini penting, untuk mencegah penyebaran Corona. Karena itu, mari sama-sama kita berjuang melawan Corona ini,”tegas Brigjen  TNI Arief Gajah Mada. (*)

Posting Komentar

0 Komentar