COVID19 MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA SMART ASN DI KOTA PAYAKUMBUH

Yonrefli Daniel 
IMPIANNEWS.COM  
Catatan, --- Wabah Covid 19 telah memaksa kita untuk berprilaku hidup sehat, bermasker, menjaga jarak (physical distancing) yang meminta kita untuk  menjaga jarak. 

Hal ini juga berdampak dalam melakukan aktivitas birokrasi di berbagai negara dalam menyelenggarakan pelayanan baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Tidak mudah memang dalam merubah sistem kerja dari langsung menjadi tidak langsung, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan biasanya langsung dilakukam tatap muka kini tidak bisa lagi seperti itu. Guna memutus mata rantai wabah ini, fungsi leadership yang biasa dilakukan face to face tidak bisa kita lakukan lagi, betul-betul banyak keterbatasan yang harus kita cari solusinya.

Walaupun banyak hal yang menjadi permasalahan tapi unsur aparatur negara harus tetap mencari jalan, bagaiamana merubah cultur set dan maindset  ASN sehingga roda pemerin tetap jalan, bagaimana negara atau daerah melalui pimpinanya menyediakan faktor pendukung seperti teknologi. 

Selanjutnya bagaimana daerah memastikan tidak ada ketertinggalan  kompetensi SDM untuk perubahan pola kerja tersebut.

Untuk menjawab semua ini maka konsep Smart ASN yang secara perlahan kita persiapkan di Pemerintah Kota Payakumbuh sudah harus kita berdayakan. 

Secara perlahan Kota Payakumbuh telah menggiring ASN untuk melek teknologi, mulai bekerja dalam jaringan (daring), menyusun perencanaan melalui, e-planing, menyusun anggaran melalui e-budgeting, pelaporan dengan Sodap, perjalanan dinas dengan e-SPPD, e-kinerja yang memuat Perjanjian kinerja sampai penetapan SKP dan penyampaian aktivitas harian pegawai yang memuat kegiatan harian dalam melakukan rangkaian kegiatan pelayanan pada masyarakat, semuanya berbasis aplikasi yang disediakan oleh Komimfo Kota Payakumbuh.

Memperhatikan  hal ini sebagian unsur dari  SMART ASN di Kota Payakumbuh telah kita laksanakan, tinggal melengkapi komponen lain baik hardware maupun software yang pada akhirnya sistem pemerintahan berbasis digital 4.0 bisa kita laksanakan, untuk terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan berstandar modern seperti yang dilakukan negara-negara maju Australia, Jerman, Singapura dll.

Akhirnya satu hal penting yang perlu kita fahami bahwa perubahan itu perlu proses dan waktu. mari kita mengikuti proses tersebut, tetap belajar, tingkatkan kemampuan dan menjadi pribadi yang mandiri" be optimist and stay at home ".(rel) 

Post a Comment

0 Comments