Atasi Longsor Koramil 03/Padang Selatan Kodim 0312/Padang Tanam Tanaman Vetiver Dilokasi Rawan Longsor.

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Akibat hujan turun bebearapa hari ini menyebabkan Jalan baru Kelurahan Air Manis menuju Lantamal Teluk Bayur longsor di beberapa titik. Jalan tersebut baru dibuka untuk menunjang sektor ekonomi dan Pariwisata di kota Padang.

Hal tersebut disampaikan oleh Danramil 03/Padang Selatan Kodim 0312/Padang Mayor Inf. Feri Handra, S.Sos. saat ditemui dilokasi longsor kelurahan Air Manis Padang, Sabtu 18/04/2020.

Lebih lanjut Danramil 03/Padang Selatan menyampaikan, untuk meminimalisir terjadinya bencana longsor atau banjir dilokasi tersebut, anggota Koramil 03/Padang Selatan bersama Lurah dan RT yang dibantu oleh masyarakat setempat  melaksanakan penanaman tanaman Vetiver (akar wangi) sebanyak tiga titik dilereng-lereng tebing sepanjang jalan rawan longsor tersebut. 

Penanaman Akar wangi (Vetiver) ini dilakukan sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana dari Kodim 0312/Padang untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi karena akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah dari longsor.

“Selain meminimalisir terjadinya bencana longsor atau banjir, tanaman ini juga mampu menjadi salah satu usaha pengembangan ekonomi masyarakat, karena akar tanaman ini dapat dijual untuk kebutuhan pasar dan bahan baku parfum dan lainnya” Kata Danramil 

Hadir pada kegiatan tersebut Danramil 03/Padang Selatan Kodim 0312/Padang Mayor Inf. Feri Handra, S.Sos, Lurah Air Manis Zainal Efendi, S.Sos, Ketua RT. 02/03 Kelurahan Air Manis Hasan Basri beserta masyarakat setempat (Pendim 0312/Padang).. (oyon)

Post a Comment

0 Comments