Washington Nyatakan Covid -19 Bencana Besar, 419 Orang Meninggal Dunia


IMPIANNEWS.COM (Washington).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyetujui permintaan otoritas New York dan Washington untuk menyatakan bencana besar di kedua wilayah itu di tengah pandemi . 

Trump juga bersiap menyetujui permintaan serupa dari otoritas California.

Hingga hari ini (23/3/2020), tercatat ada 33.546 kasus infeksi COVID-19 di Amerika dengan 419 orang meninggal dan 178 pasien disembuhkan. 

Jumlah kasus itu menempatkan AS sebagai negara dengan pandemi COVID-19 terparah ketiga di dunia setelah China dan Italia.

Di China tercatat 81.093 kasus, 3.270 orang meninggal dan 72.703 pasien disembuhkan. Sedangkan di Italia terdapat 59.138 kasus, 5.476 orang meninggal dan 7.024 pasien disembuhkan. 

Menurut Trump, pemerintah federal AS akan sepenuhnya menutupi biaya penempatan unit garda nasional di negara bagian New York, California, dan Washington untuk membantu memerangi virus corona baru.

"Hari ini saya mengumumkan tindakan untuk membantu New York, California, dan Washington memastikan bahwa garda nasional dapat secara efektif merespons krisis ini," kata Trump pada hari Minggu.

Trump menambahkan, negara-negara bagian lain yang paling terkena dampak COVID-19 juga akan menerima bantuan.

"Melalui FEMA (Administrasi Manajemen Darurat Federal) pemerintah federal akan mendanai 100 persen dari biaya penempatan unit garda nasional untuk melakukan misi yang disetujui untuk menghentikan virus, sementara gubernur tetap memegang komando," kata Trump, seperti dikutip Sputnik, Senin (23/3/2020).

Presiden Amerika itu mengatakan AS memobilisasi semua sumber daya yang tersedia untuk memerangi penyebaran virus dan mengatakan penting bagi warga AS untuk mengikuti panduan federal tentang social distancing atau jarak sosial.

Trump menyebut wabah baru, COVID-19, di negaranya sebagai "ujian besar nasional".

Menurutnya, stasiun medis darurat akan dikerahkan untuk membantu merawat pasien COVID-19 di tiga negara bagian AS dan kapal rumah sakit Angkatan Laut AS akan dikirim ke Los Angeles.

"Selain pasokan dalam jumlah besar, saya juga telah mengarahkan FEMA untuk memasok yang berikut; empat stasiun medis federal besar dengan 1.000 tempat tidur untuk New York, delapan stasiun medis federal besar dengan 2.000 tempat tidur untuk California, dan tiga stasiun medis federal besar serta empat stasiun medis federal kecil dengan 1.000 tempat tidur untuk negara bagian Washington," katanya.

Presiden bahkan mempertimbangkan pembebasan tahanan lanjut usia.
New York tetap menjadi sarang virus corona di AS, dengan jumlah kasus tertinggi yang terkonfirmasi sebanyak 15.168 orang. 

Data ini berasal dari Gubernur Andrew Cuomo. Menurutnya, ada 114 orang yang telah meninggal di New York.

#tafch
#cavid 19
#amarikaserikat
#donaldtramp

Post a Comment

0 Comments