MTQ Ke-39 Kuranji Dimulai, Eddy Hasymi: MTQ Tidak Sekedar Lomba


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-39 tingkat Kecamatan Kuranji resmi digelar yang dituanrumahi Kelurahan Gunung Sarik dengan pelaksanaan selama Rabu hingga Jumat (18-20/3/2020).

Para kafilah mewakili 9 kelurahan di kecamatan itu pun bersiap menjadi terbaik pada lomba keagamaan tersebut. Wali Kota Padang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi membuka secara resmi MTQ yang dipusatkan di mimbar utama Masjid Raya Balai Baru itu, Rabu (18/3/2020) malam.

Dalam sambutan dan arahannya Edi menekankan agar pelaksanaan MTQ tersebut tidak dijadikan sekedar lomba semata.

Lebih jauh dari itu sangat diharapkan bagaimana seluruh masyarakat Kota Padang khusus yang beragama Islam, senantiasa membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

"Terutama sekali harapan kita adalah masyarakat khususnya para generasi muda di Kota Padang, semuanya harus pandai membaca Alquran selaku kitab suci dan pedoman hidup untuk kemaslahatan umat," tekannya.

“Kita Pemerintah Kota Padang tidak ingin lagi ada warga masyarakat terutama generasi muda yang tidak bisa membaca Alquran di kota ini,” ujarnya menambahkan.

Ia melanjutkan, melalui MTQ juga diharapkan memperdalam ilmu pengetahuan Alquran dan ilmu keislaman lainnya di samping ajang pencarian qari-qariah terbaik.

"Saat ini begitu banyak godaan dan tantangan yang datang bagi kita. Baik itu penyalahgunaan narkoba, penyakit masyarakat (pekat), tawuran, kenakalan remaja serta LGBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). Maka itu tanpa kita tanamkan dan isi dengan Alquran kepada anak-anak kita, tentu mereka bisa terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan itu,” tegasnya.

Untuk itu imbau Edi, dalam mencegah hal ini bukan saja tugas pemerintah, namun juga tugas semua elemen khususnya para orang tua di rumah.

"Mari kita sama-sama menjaga dan melindungi anak-anak kita. Apabila mereka tidak bisa baca Alquran maka masukkan ke tempat belajar mengaji. Dan begitu juga tindak tanduk mereka harus kita awasi sebelum terjadi hal-hal yang kita takutkan,” tekan Asisten mengakhiri.

Dalam pembukaan MTQN ke-39 tingkat Kecamatan Kuranji tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi bersama Kakan Kemenag Padang Marjanis, Kabag Kesra Setdako Padang Amriman serta Camat Kuranji Eka Putra Buhari.

Juga hadir dikesempatan itu beberapa Anggota DPRD Kota Padang dapil kecamatan setempat diantaranya Zulhardi Z. Lathif, Zalmadi, Salisma dan Muzni Zen. Selanjutnya juga hadir Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Suardi Datuk Rajo Bujang, Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Datuk Rajo Alam, Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Datuk Rajo Magek serta tokoh masyarakat dan lurah se-Kecamatan Kuranji.(vid).

#tafch
#edihashimi
#mtq

Post a Comment

0 Comments