50 Santri TPQ Mesjid Al Muttaqin Khatam Al Quran. Ini Pesan Tokoh Masyarakat

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Hampir setiap tahun di Kota Payakumbuh berlangsung alek nagari perayaan khatam Al Quran.

Tentunya, seremonial keagamaan yang melibatkan unsur Tungku Tigo Sajarangan ini, bukan sekedar seremonial semata, tapi ada unsur dan harapan besar terhadap peserta khatam. Yakninya mereka kelak mampu mengamalkan kandungan al Quran dan mengajarkan kepada generasi selanjutnya. 

Harapan tersebutlah yang diungkapkan tokoh masyarakat saat menghadiri resepsi khatam al quran di TPQ Mesjid Al Muttaqin Cubadak Ayia Kelurahan Tigo Diate Kenagarian Koto Nan Godang kecamatan Payakumbuh Utara, Rabu (11/03/2020).

"Ya, hari ini kita mengadakan resepsi khatam al quran. Semuanya lapisan masyarakat berbahagia, khususnya santri dan wali santri. Sebanyak 50 santri dinyatakan Guru TPQ sudah layak mengikuti khatam, mereka pun telah lulus seleksi dari tim seleksi khatam kecamatan Payakumbuh Utara. Prosesi khatam sudah dilaksanakan kemaren,"terang Ketua Pelaksana Khatam Al Quran TPQ Mesjid Al Muttaqin Cubadak Ayia, Hendriwanto Dt. Mangkuto Marajo Nan Itam. 

"Harapan kami dengan khatam al Quran ini, bahwa khatam al Quran adalah alek nagari, semua unsur dilibatkan. Mulai dari warga yang ada di kampuang, perantauan, tokoh masyarakat, bundo kanduang, pemuda dan pemerintah. Jadi semua unsur bersilaturahim di alek nagari ini. Sebagai peran Niniak Mamak di Kenagarian Koto Nan Godang, bertugas menetapkan pelaksanaan alek, serta urusan kerapatan adat lainnya. Semua saling berkonstribusi demi calon pemimpin mendatang yang qurani,"harap Hendriwanto yang juga mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh. 

Hal senada juga diharapkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi melalui Kabag Kesra Ul Fakhri saat menyerahkan hibah berupa hadiah pembinaan kepada panitia. 

"Perwujudan ABS ABK, Pemko Payakumbuh memfasilitasi kegiatan keagamaan, termasuk pelaksanaan khatam al Quran yang bertepatan dengan Jam dinas atau sekolah. Siswa yang ikut peserta khatam, diberikan dispensasi. Semua unsur terlibat, khususnya di tingkat kecamatan,"terang Ul Fakhri.

Kita berharap kedepannya, bahwa khatam al Quran adalah awal pembelajaran kandungan ayat Allah. Lanjutkan dengan memperdalam ilmu tajwid, tahsin dan hafidz. Kalau sudah memahami lanjut tarjim dan pengamalan,"pesan Ul Fakhri.

Sementara Kadis DP3AP2KB, Syahnadel Khairi menyebutkan bahwa khatam al Quran merupakan salah satu hak anak.
Khatam Al Quran adalah puncak awal belajar al Quran di sebuah TPQ dan MDTA. Belajar al Quran adalah sebuah kewajiban dan hak yang mesti didapatkan anak,"singkatnya.

Kepala Kankemenag melalui Kepala KUA Payakumbuh Utara, Asrul kesempatan tersebut juga mengucapkan selamat kepada peserta khatam.

"mari terus mendalami kandungan al Quran,"pesannya.

Camat Payakumbuh Utara, Desfitawarni didampingi Lurah Tigo Koto Diate, Musleniyeti berharap agar semangat gotong royong para orangtua dicontoh dan diwarisi peserta khatam, kedepannya. (014)

  

Post a Comment

0 Comments