Pengendara Jatuh. Polres Payakumbuh dan Damkar Bersihkan Lumpur di Batas Kota

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Jajaran Piket Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Payakumbuh bersama Satdamkar Pemko Payakumbuh pada Minggu (29/12/2019), pukul 22.30 WIB malam mencoba membersihkan tumpahan material tanah bercampur air hujan. Campuran lumpur tersebut membuat jalan di tikungan Wisata Bukit Kelinci Kec. Payakumbuh Barat, menjadikan licin. Kondisi ini sempat membuat pengendara terjatuh di lokasi ini. 

SPKT Polres Payakumbuh dibawah pimpinan Aiptu Gustriwan bersama Personel Damkar Pemkot Payakumbuh bahu- membahu membersihkan jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh  dari lumpur tanah yang berserakan akibat tumpahan truk-truk yang mengangkut tanah timbunan dari bukit yang berada di belakang rumah makan Tujuh Berlian Bukit Kelinci.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.I.K M.H., mengatakan bahwa pembersihan jalan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas pengguna jalan yang melintas di lokasi licin tersebut.

“Mendapat informasi bahwa sudah ada pengendara motor yang terjatuh di lokasi jalan berlumpur tersebut. Kami langsung meminta bantuan Damkar untuk langsung membersihkan lokasi tersebut meskipun malam hari. Dengan kondisi jalan seperti itu, laka lantas sulit dihindari karena pengendara motor tidak bisa menggendalikan kendaraannya akibat jalan licin“, ungkap Kapolres.

Tokoh masyarakat setempat mengapresiasi kecepatan Polres merespon aduan masyarakat dan meminta agar Polres memberikan teguran keras kepada pengusaha truk pengangkut tanah timbunan untuk memastikan tanah  tidak tumpah ke jalan.

Kapolres Payakumbuh berterima kasih atas informasi dan masukan dari masyarakat dan berjanji akan mengambil langkah-langkah tegas mengangisipasi kejadian tersebut terulang lagi. “Kami akan panggil, periksa dan ingatkan pihak-pihak terkait”, pungkas Dony.

Terpisah, Nov, salah seorang petugas satdamkar membenarkan bahwa dirinya dan beberapa orang rekan kerja diperintahkan pimpinan untuk membantu Polres Payakumbuh membersihkan lumpur di batas Kota. 1 Unit mobil Damkar dan beberapa personil dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten 50 kota, turut serta dalam pembersihan jalan tersebut.

"Atas permintaan Kapolres Payakumbuh melalui personilnya yang datang langsung ke Mako Damkar, meminta pihak Damkar untuk melakukan pembersihan jalan berlumpur di perbatasan Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota, tepatnya di depan Wisata Bukit Kelinci. Personil melaksanakan pembersihan akibat tanah bukit yang turun ke jalan Raya yang telah mengakibatkan beberapa buah Sepeda motor beserta pengendaranya terjatuh akibat licinnya jalan. Alhamdulillah, semua sudah teratasi," terang Nov. (014)