Ustadz Hanan Putra : Kesesatan Diawali Dengan Ikut - Ikutan

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Meski hujan mengguyur kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) tak menyurutkan niat jemaah Mesjid Baiturrahman untuk menghadiri tabligh akbar yang digelar pengurus dalam rangka menambah pengetahuan agama, khususnya pada malam penghujung tahun 2019 M. 

Pengurus sengaja mendatangkan Ketua MUI Kecamatan Payakumbuh Selatan, H. Hanan Putra Lc, MA sebagai pentausiyah. 

Jelang tabligh akbar yang mengapungkan tema "Semoga Hari Esok Lebih Baik dari Hari Ini", dimulai, Ketua Pengurus Mesjid Baiturrahman, Riswardi pada Selasa (31/12/2019) malam memimpin pembacaan asmaul husna berjemaah. Usai shalat Isya, pengajian dimulai. 

Dalam tausiyahnya, Ustadz Hanan mengajak jamaah bersyukur atas besarnya nikmat Allah, salah satunya nikmat hujan malam ini. Semoga dengan hujan ini bisa menghalangi para pelaku maksiat melakukan hal munkar dan huru - hara. 
Adapun dasar kajian penghujung tahun 2019, Ustadz Hanan ambilkan dasar dari surat Al Fath : 28 dan 29 dan hadits riwayat Ahmad. 

Allah SWT menetapkan Nabi Muhammad SAW sebagai orang yang menang. Meskipun diawal dakwah, hanya 4 orang yang membenarkan dakwahnya. Tapi  sekarang islam akan menjadi agama yang besar. Seluruh pelosok yang ada disana pergantian siang dan malam. 

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar”.(Al Fath : 29)

Diterangkan Hanan Putra, Kunci sukses dalam islam adalah : 
1. Tegas terhadap orang kafir
2. Berkasih sayang karena Allah 
3. Shalat membawa bekas positif 

Tegas tidaklah sama dengan teroris. Tapi maksudnya "jelas" tidak boleh dicampur adukkan. Menurut Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) I, Prof Hamka. Ucapan selamat itu adalah sebuah pengakuan. Menurutnya kata selamat itu gambaran akidah. (keterangan pada surat al kafiruun). Umat islam adalah umat paling toleransi di dunia. 

"Ingat, tahun baru masehi tidak perlu diperingati muslim. Tabligh akbar yang digelar adalah wadah membentengi keluarga untuk melaksanakan hal sia-sia, melalui ibadah. Tradisi meniup terompet adalah budaya ritual talmud. Membakar lilin tahun baru adalah tradisi Majusi, memakai topi kerucut bukan tradisi islam. Disana ada kegiatan tasyabuh (menyerupai). Hadits Nabi Muhammad SAW, 'Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka' (HR Abu Daud dan Ahmad),"terang Hanan. 

Sebelumnya, tabligh akbar malam pergantian tahun ini diawali dengan makan bersama yang dibuka langsung Ketua LPM kelurahan Ompang Tanah Sirah, Khaidir. Kesempatan itu Ketua LPM pesankan kepada jemaah agar menjaga anak dan keluarga dari ajaran dan budaya dari luar islam (014)